PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTS N 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

YAQIN, MUSTOFA AINUL (2020) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTS N 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MUSTOFA AINUL YAQIN.pdf] Text
MUSTOFA AINUL YAQIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Mustofa Ainul Yaqin. NPM 14410078. “Penerapan Model Student Teams
Achievement Divisions dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi
pada Siswa Kelas VII MTs N 1 Pati Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Drs. Suyoto, M.Pd. dan Pembimbing II Mukhlis, S.Pd., M.Pd. Juni 2020.
Kata kunci: Model Student Teams Achievement Divisions, Menulis Teks
Deskripsi.
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan menulis pada peserta didik
kelas VII masih belum optimal. Semua itu dilatar belakangi karena belum
optimalnya fariasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga pada
pembelajaran menulis teks deskripsi peserta didik kurang tertarik dan hasil hasil
nilai yang diperoleh peserta didik kurang memuaskan atau rata-rata nilai peserta
didik masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Melihat kondisi
tersebut, perlu diupayakan penerapan model pembelajaran yang tepat agar peserta
didik tidak merasa jenuh maupun bosan dalam pembelajaran keteerampilan
menulis teks deskripsi. Model yang digunakan untuk diterapkan adalah model
Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model STAD dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi pada
peserta didik kelas VII MTs N 1 Pati tahun pelajaran 2018/2019? Ada pun tujuan
yang akan dicapai adalah untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dalam
pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII
MTs N 1 Pati tahun pelajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Dengan subjek kelas VII-C berjumlah 33 peserta didik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan
teknik nontes. Teknik tes dilakukan dengan cara memberikan tes menulis teks
deskripsi, sedangkan teknik nontes dilakukan dengan observasi, kuesioner
(angket), dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian penerapan model STAD dalam pembelajaran
keterampilan menulis teks deskripsi mampu membuat peserta didik lebih aktif,
kreatif, dan antusias dalam proses pembelajaran. Serta peserta didik lebih paham
akan materi yang diajarkan. Data yang diperoleh dalam menulis teks deskripsi
yaitu diperoleh nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70. Jumlah nilai keseluruhan
2849 dengan nilai rata-rata 86,3 dengan jumlah ketuntasan 96,9%. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa model STAD tepat untuk dapat diterapkan dalam
pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII MTs N 1
Pati tahun pelajaran 2018/2019.
Saran yang dapat disampaikan adalah sebagai pendidik yaitu guru
hendaknya kreatif dan inovatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran,
melakukan inovasi dan member variasi model pembelajaran yang sesuai dengan
materi yang akan diajarkan agar suasana dalam proses pembelajaran menjadi lebih
aktif, menarik, dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
dengan baik dengan hasil yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:00
Last Modified: 19 Nov 2024 04:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7866

Actions (login required)

View Item
View Item