FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI SEMARANG TIMUR

SAPUTRO, ATMARIKI (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI SEMARANG TIMUR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Atmariki.pdf] Text
Atmariki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Atmariki Saputro. NPM 14110170: “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Perilaku Bullying pada Siswa SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang Timur”
Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Siti Fitriana S.Pd., M.Pd., Kons, Dr. G. Rohastono
Ajie, M.Pd. Agustus. 2019.
Penelitian Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Siswa
SD Negeri Semarang Timur ini dilatarbelakangi oleh marak terjadinya perilaku
bullying, pelaku terdiri dari kalangan anak-anak, remaja, dan orang dewasa.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas IV
A, tiga subjek tersebut berinisial INY, ADB dan MAK. Peneliti melakukan
penelitian di SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang Timur. Data dari penelitian ini
adalah data primer dan data sekunder. Sumber data yang diperoleh melalui
Observasi secara langsung dilapangan, wawancara secara mendalam dengan
informan dan dokumentasi berupa foto. Satu-satunya instrument terpenting dalam
penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Peneliti melakukan langkah-langkah
analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian yang peneliti peroleh menjelaskan bahwa ada tiga
faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada siswa yaitu faktor keluarga,
faktor teman sebaya dan faktor media masa. Faktor keluarga meliputi
keharmonisan keluarga dan kurang diberikan perhatian, faktor media masa
meliputi seringnya menggunakan smartphone dan seringnya mengakses media
sosial, sedangkan faktor teman sebaya meliputi siswa melakukan bullying untuk
membuktikan bahwa dapat masuk dalam kelompok tertentu.
Kesimpulannya bahwa faktor yang sangat mempengaruhi perilaku bullying
pada siswa SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang Timur yaitu faktor keluarga.
Adapula faktor media massa cukup mempengaruhi perilaku bullying siswa SD
Negeri Sawah Besar 01 Semarang Timur. Kemudian untuk faktor-faktor perilaku
bullying yang kurang mempengaruhi siswa SD Negeri Sawah Besar 01
Semarang Timur yaitu faktor teman sebaya.
Kata kunci : Faktor-Faktor Perilaku Bullying.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:58
Last Modified: 19 Nov 2024 03:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7865

Actions (login required)

View Item
View Item