TRIAJI, WISNU (2020) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUNDURAN BLORA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WISNU TRIAJI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Wisnu TriAji. NPM 13410228. Penerapan model picture and picture
dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP N 1
KunduranBlora tahun ajaran 2017/2018.Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa
dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs.Suyoto,M.Pd. Dan
Pembimbing II Pipit Mugi Handayani, S.S., M.A. 19 Februari 2020.
Kata Kunci: Penerapan, model picture and picture, menulis pantun.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pantun
pada siswa kelas VII SMP N 1 Kunduran Blora. Melihat kondisi seperti itu
perlu diupayakan penerapan model tertentu untuk meningkatkan keterampilan
menulis pantun pada siswa kelas VIISMP N 1 Kunduran Blora. Model yang
diterapkan adalah model picture and picture.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model
picture and picture dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahun ajaran 2017/2018?. Adapun tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model picture and picture
dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 1
Kunduran Blora tahunajaran 2017/2018.
Bentuk penelitian adalah penelitian terapan dengan teknik kualitatif
deskriptifdengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1
Kunduran Blora yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes
mengerjakan soal uraian yang berkaitan tentang menulis pantun. Teknik nontes
berupa data observasikegiatan pembelajaran dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penerapan
modelpicture and picture dalam pembelajaran menulis pantun siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahun ajaran 2017/2018. Diketahui bahwa
penerapan modelpicture and picture sangatlah tepat dan cocok dalam menulis
pantun. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis Pantun
ialah 82 berada pada interval 75-84, yang termasuk dalam kategori baik. Nilai
tersebut telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah
ditetapkan, yaitu 75. Penerapan modelpicture and picture dalam pembelajaran
menulis pantunpada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Blora tahun ajaran
2017/2018 membuat siswa tertarik dan antusias dalam pembelajaran. Hal ini dapat
dilihat dari kemampuan menulis pantun dan tanggapan siswa pada saat
berlangsung.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru hendaknya harus pandai
memilih jenis model atau metode pembelajaran yang relevan dan menjurus
dengan tepat, sehingga dalam proses pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:58 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7864 |