JANNAH, ATIKA ROUDHOTUL (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU SDN JAWISARI KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ATIKA ROUDHOTUL JANNAH 16120453 (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ATIKA ROUDHOTUL JANNAH. NPM 16120453. “Keefektifan Model
Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Audio-Visual Terhadap
Hasil Belajar Kelas IV Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku SDN Jawisari
Kendal”. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing 1 Intan Rahmawati,
S.Pd.,M.Pd., Dosen Pembimbing 2 Ibu Fine Reffiane,S. Pd., M. Pd. 2020
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa yang belum dapat mencapai KKM. Hal tersebut disebabkan dangkalnya
pengetahuan siswa dan siswa kurang tertarik dengan proses belajar mengajar guru
yang jarang menggunakan model pembelajaran dan pemanfaatan media yang
digunakan kurang bervariatif. Sehingga siswa masih asik bermain dan mengobrol
sendiri.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
Problem Based Learning Berbantu Media Audio-Visual efektif terhadap hasil belajar
kelas IV Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Sdn Jawisari Kendal?. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model pembelajaraan Problem Based
Learning Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema
Indahnya Keberagaman Di Negeriku SDN Jawisari Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Experimental Designs dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Jawisari Kendal. Sampel yang diambil
adalah 28 siswa kelas IV SDN Jawisari Kendal dengan menggunakan teknik
Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil
penelitian
setelah
mendapat
perlakuan
menunjukkan
adanya
peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest.
Rata-rata pretest 59,2857 dan rata-rata posttest 77,96429. Ketuntasan belajar
awalnya 53% menjadi 93% maka ketuntasan belajar meningkat. Hal itu dibuktikan
dengan diperoleh thitung sebesar 9,11489 dan untuk mengetahui ttabel dengan nilai t
signifikan 5% didapatkan ttabel sebesar 1,701. Jadi nilai thitung > ttabel yang artinya
H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem
Based Learning berbantu media audio-visual efektif terhadap hasil belajar siswa
SDN Jawisari.
Saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Problem
Based Learning berbantu media audio-visual digunakan guru sebagai salah satu
alternatif kegiatan belajar mengajar sehingga dapat menarik perhatian siswa.
Kata kunci: Keefektifan, Model Problem Based Learning, Media Audio-visual,
Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:55 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7862 |