RISKIANA, ATA (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI PAGUMENGANMAS KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ATA RISKIANA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ATA RISKIANA. NPM 15120473. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran
Kurikulum 2013 di SD Negeri Pagumenganmas Kabupaten Pekalongan”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd dan
Pembimbing II Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd. Januari 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesiapan guru kelas yang bermacam-
macam dalam menghadapi pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013. Mengingat
setiap guru memiliki kemampuan yang berbeda-beda sehingga kesulitan yang
ditemukan juga berbeda. Model RPP yang digunakan juga bervariasi setiap
gurunya. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannya pun memiliki karakteristik
yang berbeda. Dengan demikian diperlukan sebuah kajian yang mendalam terkait
pelaksanaan pembelajaran di sekolah tersebut, bagaimana pelaksanaan
pembelajaran itu apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan dengan Kurikulum
2013.
Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD
Negeri Pagumenganmas Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri
Pagumenganmas Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.
Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah SD Negeri Pagumenganmas
Kabupaten Pekalongan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi.
Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Pagumenganmas
sudah sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Kurikulum 2013 meski belum
secara maksimal. Kekurangan yang ada terdapat pada sarana dan prasarana sekolah
yang menunjang pembelajaran. Dilihat dari analisis data yang telah dilakukan,
tingkat keterlaksanaan dalam standar pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013
sudah cukup baik. Kekurangan ditemukan pada standar sarana dan prasarana
pendidikan yang belum lengkap dan memadai baik yang utama maupun pendukung.
Hasil analisis telaah RPP dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang
dilakukan kepada empat guru yang diteliti menunjukkan bahwa keempat guru
mendapatkan predikat A dalam telaah RPP dan pengamatan pelaksanaan
pembelajaran Kurikulum 2013 dengan rentang nilai yang berbeda-beda.
Saran yang dapat disampaikan adalah sekolah hendaknya mampu
memprioritaskan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran dan
guru diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran yang bermakna dengan
memperkuat kegiatan literasi, penguatan pendidikan karakter dan kemampuan
berpikir kritis pada siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:49 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7854 |