PENGARUH TATA RUANG, KUALITAS LAYANAN DAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN SISWA DI PERPUSTAKAAN SMP PGRI 5 SEMARANG

Rosidah, Murni (2020) PENGARUH TATA RUANG, KUALITAS LAYANAN DAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN SISWA DI PERPUSTAKAAN SMP PGRI 5 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Murni Rosidah.pdf] Text
Murni Rosidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK, Murni Rosidah “Pengaruh Tata Ruang, Kualitas Layanan,
dan Koleksi Perpustakaan Terhadap Tingkat Kunjungan Siswa di Perpustakaan
SMP PGRI 5 Semarang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat
kunjungan siswa di sebuah perpustakaan yang disebabkan oleh tata ruang yang
kurang strategis, kualitas layanan kurang maksimal dan koleksi perpustakaan yang
kurang beragam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah tata
ruang berpengaruh terhadap tingkat kunjungan siswa 2) apakah kualitas layanan
berpengaruh terhadap tingkat kunjungan siswa 3) apakah koleksi perpustakaan
berpengaruh terhadap tingkat kunjungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji apakah tata ruang, kualitas layanan dan koleksi perpustakaan
berpengaruh terhadap tingkat kunjungan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa SMP PGRI 5 Semarang yang berjumlah 186 siswa dan
pengambilan sampel sejumlah 65 responden. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Propotional random sampling. Metode yang digunakan untuk
analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas,
uji heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, uji simultan (Uji F), uji parsial
(Uji t) dan uji koefisien determinasi. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Objek penelitian yaitu siswa SMP PGRI 5 Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tata ruang, kualitas layanan
dan koleksi perpustakaan memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat
kunjungan siswa di Perpustakaan SMP PGRI 5 Semarang. Pengujian hipotesis
menggunakan uji t menunjukkan bahwa tiga variabel independen yang diteliti
terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen tingkat kunjungan.
Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel tata ruang, kualitas
layanan dan koleksi perpustakaan berpengaruh secara bersama-sama dalam
tingkat kunjungan siswa. Angka R-Square sebesar 0,624 menunjukkan 62,4%
tingkat kunjungan bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan
dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 37,6% dijelaskan oleh
variabel lain diluar variabel penelitian ini.
Kesimpulan penelitian ini adalah pengaruh variabel tata ruang, kualitas
layanan dan koleksi perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap
tingkat kunjungan siswa. Variabel yang paling berpengaruh terhadap tingkat
kunjungan siswa adalah tata ruang. Untuk penelitian selanjutnya dapat menambah
variabel manajemen perpustakaan, teknologi perpustakaan dan lain sebagainya.
Kata kunci: tata ruang, kualitas layanan, koleksi dan tingkat kunjungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:47
Last Modified: 19 Nov 2024 03:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7852

Actions (login required)

View Item
View Item