ASTUTI, WINDA YULIA (2019) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MATARAM SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Winda YULIA ASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Winda Yulia Astuti. 15410161. Penerapan Model Contextual Teaching and
Learning Berbantu Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks
Prosedur pada Peserta Didik Kelas VII SMP Mataram Semarang Tahun Pelajaran
2019/2020. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Eva Ardiana Indrariani, S.S., M.Hum. dan Pembimbing
II Azzah Nayla, S.Pd., M.Pd. Desember 2019
Kata kunci: penerapan, model contextual teaching and learning, media audio
visual, menulis teks prosedur.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pada peserta
didik kelas VII B SMP Mataram Semarang, khususnya keterampilan menulis teks
prosedur. Penulis melihat kondisi tersebut perlu diupayakan penerapan model
tertentu dalam keterampilan menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VII B
SMP Mataram Semarang. Model yang diterapkan adalah model contextual
teaching and learning.
Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah penerapan model contextual
teaching and learning berbantu media audio visual dalam pembelajaran menulis
teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Mataram Semarang? dan (2)
bagaimanakah hasil penerapan model contextual teaching and learning berbantu
media audio visual dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik
kelas VII SMP Mataram Semarang? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1)
mendeskripsikan penerapan model contextual teaching and learning berbantu
media audio visual dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik
kelas VII SMP Mataram Semarang dan (2) mendeskripsikan hasil penerapan
model contextual teaching and learning berbantu media audio visual dalam
pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Mataram
Semarang.
Peneliti mengumpulkan data dilakukan dalam penelitian ini adalah mixed
method. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP
Mataram Semarang, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B
SMP Mataram Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
teknik nontes dan tes. Teknik non tes berupa observasi, angket, dan wawancara.
Tes yang digunakan berupa menulis teks prosedur menggunakan model
contextual teaching and learning. Teknik pengolahan data dilakukan dengan
menentukan frekuensi hasil presentase nilai peserta didik.
Hasil penerapan model contextual teaching and learning berbantu media
audio visual dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik kelas
VII SMP Mataram Semarang tahun pelajaran 2019/2020 sebagai berikut. Pertama,
peserta didik mengikuti pembelajaran dengan antusias. Kedua, model contextual
teaching and learning memudahkan peserta didik dalam mengerjakan tes menulis
teks prosedur. Ketiga, nilai tes peserta didik dalam menulis teks prosedur dengan
menggunakan model contextual teaching and learning mencapai nilai tertinggi
90.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:45 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7851 |