ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI MELALUI EKSTRAKURIKULER BERNYANYI DI KELOMPOK A TK ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

MARLINDA, ASTRI TITANIA (2020) ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI MELALUI EKSTRAKURIKULER BERNYANYI DI KELOMPOK A TK ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ASTRI TITANIA M.pdf] Text
ASTRI TITANIA M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ASTRI TITANIA MARLINDA. NPM 16150012. “Analisis Kepercayaan Diri
Anak Usia Dini Melalui Ekstrakurikuler Bernyanyi di Kelompok A TK Islam
Hidayatullah Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini TK Islam Hidayatullah
Semarang di kelompok A masih terdapat kurangnya rasa kepercayaan diri pada
anak. Hal tersebut terjadi karena pada saat pelaksanaan observasi pada sekolah
tersebut baru memasuki Tahun Ajaran 2019/2020 yang mana peserta didik masih
dalam masa adaptasi terhadap lingkungan dan kegiatan sekolah.
Fokus penelitian adalah mengenai analisis kepercayaan diri anak usia dini
melalui ekstrakurikuler bernyanyi di kelompok A5 TK Islam Hidayatullah
Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode wawancara dan
dokumentasi. Penelitian ini membahas mengenai kepercayaan diri anak usia dini
melalui ekstakurikuler bernyanyi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayan diri anak di kelompok
A5 TK Islam Hidayatullah Semarang melalui ekstrakurikuler bernyanyi
berkembang dengan baik. Hal ini terlihat pada saat anak mengikuti
ekstrakurikuler bernyanyi, anak berani bertindak memimpin teman-temannya di
depan kelas dan anak memilih atau dapat menentukan lagu yang akan
dinyanyikan bersama, bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugasny, dan anak
senang ketika mendapat reward atau pujian setelah menyelesaikan tugasnya.
Berdasrkan hasil penelitian yang dilakukan maka saran yang disampaikan
adalah untuk orangtua lebih memperhatikan dan mengoptimalkan kepercayaan
diri anak di rumah dan untuk guru lebih mengembangkan proses pembelajaran
yang mampu meningkatkan kepercayaan diri anak melalui berbagai kegiatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:44
Last Modified: 19 Nov 2024 03:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7850

Actions (login required)

View Item
View Item