SAPUTRI, WINDA NOVI (2019) PENGARUH MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PURWOREJO KABUPATEN KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Winda Novi Saputri.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Winda Novi Saputri. NPM 15120316. “Pengaruh Model Word Square Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Purworejo Kabupaten Kendal”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik, minat belajar siswa kurang dan guru
yang masih menggunkaan metode konvensional sehingga banyak siswa yang
berbicara sendiri ketika pembelajaran berlangsung.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model Word Square
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Purworejo Kabupaten
Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model Word Square
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Purworejo Kabupaten
Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian
yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design. Bentuk Pre-Experimental Design
yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas V SDN Purworejo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran
2019/2020 dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan teknik
sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui uji Pretest dan
Posttest dengan soal pilihan ganda.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata nilai awal atau pretest
yaitu 57,8 dengan 7 siswa yang tuntas dan 23 siswa yang belum tuntas.
Sedangkan rata-rata nilai akhir atau posttest yaitu 80,7 dengan 26 siswa yang
tuntas dan 4 siswa ynag tidak tuntas. Kemudian kelas diberi perlakuan yaitu pada
pembelajaran tematik Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 2
Manusia dan Lingkungan diberikan model pembelajaran Word Square. Hasil
belajar siswa kelas V setelah diberikan perlakuan meningkat, yang awalnya rata-
rata nilai siswa 57,8 menjadi 80,7. Pada analisis akhir perhitungan menggunakan
uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan hasil thitung>ttabel 12,649>2,045.
Dengan demikian dapat disimpulkan model Word Squre berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model word square dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran di
sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena model word square sangat
menarik dan sesuai dengan karakteristik materi dan siswa di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:39 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7846 |