APRILIYAZI, ASIH (2020) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER MENGGAMBAR DI SD MUHAMMADIYAH KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Asih Apriliyazi_16120129.2020.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ASIH
APRILIYAZI.
NPM
16120129.
“Implementasi
Ekstrakurikuler
Menggambar di SD Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten Brebes”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah ekstrakurikuler
menggambar yang bertujuan untuk mengembangkan dan menyalurkan minat
siswa pada bidang yang disukainya, serta bertujuan untuk menambah
pengetahuan, sikap dalam bentuk apresiasi dan motorik dalam bentuk kecakapan
berkarya seni. Salah satu sekolah yang menyelenggarakan ekstrakurikuler
menggambar adalah SD Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten Brebes.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi
ekstrakurikuler menggambar di Sd Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten
Brebes?, 2) Bagaimana hasil karya siswa setelah selesaimengikuti kegiatan
ekstrakurikuler menggambar di Sd Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten
Brebes? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana implementasi ekstrakurikuler mmenggambar dan hasil
karya siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menggambar di Sd
Muhammadiyah Ketanggungan Kabupaten Brebes.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif
kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler menggambar di SD Muhammadiyah Ketanggungan tahun
pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah hasil karya dari 8 siswa yang
telah selesai mengikuti ekstrakurikuler menggambar terdiri dari kelas I, II dan III.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil deskripsi dan analisis dari observasi, wawancara dan dokumentasi
penelitian menunjukan bahwa implementasi ekstrakurikuler menggambar di SD
Muhammadiyah Ketanggungan telah tercapai, dan hasil karya siswa setelah
selesai mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menggambar sudah bagus, hal ini
ditunjukan dengan gambar siswa yang cukup kreatif sesuai dengan imajinasi
mereka dan contoh dari guru pembina ekstrakurikuler menggambar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
untuk sekolah hendaknya menyediakan sarana prasarana yang lebih lengkap untuk
mendukung kegiatan ekstrakurikuler menggambar lebih berkembang. Contohnya
seperti memberi ruang pameran tersendiri.
Kata kunci: Implementasi, Ekstrakurikuler, Menggambar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:35 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7842 |