Kusuma, Asiva Cahya (2020) PROFIL BERPIKIR VISUAL SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Asifah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
PROFIL BERPIKIR VISUAL SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIS DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Asiva Cahya Kusuma1, Sunandar2, Dewi Wulandari3
1, 2, 3FPMIPATI Universitas PGRI Semarang
[email protected],
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir visual siswa
kelas VIII dalam pemecahan masalah matematis ditinjau dari media pembelajaran di
SMP N 9 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 9 Semarang Tahun
Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling
yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Dari teknik tersebut,
didapat 6 siswa yang memiliki kemampuan berpikir visual sedang dan tinggi dalam
media pembelajaran berupa video pembelajaran, power point, dan alat peraga.
Penentuan kemampuan berpikir visual tersebut didapat dari angket yang diisi oleh
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tertulis dan wawancara.
Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan membandingkan data tertulis dan
wawancara yang diperoleh di waktu yang berbeda. Teknik analisis data dilakukan
dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kerangka
analisis dikembangkan oleh peneliti berdasarkan indikator berpikir visual menurut
Bolton dan tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Hasil dari penelitian ini
adalah (1) Media pembelajaran berupa video pembelajaran berperan paling baik
dibanding power point dan alat peraga dalam menunjang proses berpikir visual siswa,
(2) Representasi visual sangat berperan dalam proses pemecahan masalah matematis,
terutama pada tahap merencanakan pemecahan, (3) Pada video pembelajaran, siswa
berkemampuan berpikir visual sedang dan tinggi memiliki perbedaan pada tahap
merencanakan pemecahan. Selanjutnya pada power point, siswa berkemampuan
berpikir visual sedang dan tinggi memiliki perbedaan pada tahap merencanakan
pemecahan dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. Sementara itu, pada alat
peraga, siswa berkemampuan berpikir visual sedang dan tinggi hanya memiliki
kesamaan pada tahap memahami masalah.
Kata kunci: berpikir visual; pemecahan masalah matematis; media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:33 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7840 |