SAPUTRA, ARYANGGA ADI (2020) KORELASI MEDIA POP UP TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PPKN DI SMA N 1 KARANGANYAR DEMAK TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ARYANGGA ADI SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Aryangga Adi Saputra. NPM 15210020. “Korelasi Media Pop up Terhadap
Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran PPKn di SMAN 1
Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2019/2020”. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang tahun 2020.
Latar belakang dari penelitian ini yaitu adanya partisipasi yang belum
Maksimal dalam pembelajaran, untuk itu diperlukan media pendukung yang
mampu meningkatkan keikut sertaan dan Keaktifan siswa, media yang dimaksud
adalah media pop up, media ini memiliki keunikan serta menarik karna media pop
up terdapat unsur 3D.
Penelitian
ini
menggunakan
jenis
penelitian
jenis
korelasi
atau
korelasional.Variabel dalam penelitian ini ialah x dan y, variable x yaitu media
pembelajaran pop up sedangkan variable y yaitu partisipasi belajar dalam
pembelajaran PPKn. Yang mejadi populasi siswa kelas X SMAN 1 Karanganyar
Demak yang berjumalah sepuluh kelas, sampel diambil dengan menggunakan
teknik random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi dilakukan
secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Setelah peneliti
observasi ke sekolan dan Peneliti mengambil dua kelas untuk dijadikan sampel
yaitu kelas X MIPA 4 dan X IPS 3. Teknik dan instrument pengumpulan data
menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi korelasi antara media pop up
dengan partisipasi siswa dalam pembelajaran PPKn mengalami peningkatan
belajar siswa dengan materi Integritas Nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika di SMAN 1 Karanganyar Demak dengan menggunakan media pop up, dalam
pembelajaran PPKn dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Dapat dilihat dari berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil analisis uji T
dengan thitung= 10,95 dan ttabel= 2,000 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan
Ha diterima, artinya ada partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn
menggunakan media pop up dengan kelas yang menggunakan model
pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Media Pop up, dan Pengingkatan Partisipasi Belajar, Pembelajaran
PPKn
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:28 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7833 |