KEEFEKTIFAN MODEL PERMAINAN BOLA BERANTAI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG

Setiantoko, Widiyana Aji (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PERMAINAN BOLA BERANTAI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Widiyana Aji Setiantoko.PDF] Text
Widiyana Aji Setiantoko.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Widiyana Aji Setiantoko. “Keefektifan Model Permainan Bola Berantai Terhadap
Minat dan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4
Semarang”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan.
Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi minat siswa di SMP Muhammadiyah 4
Semarang dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes masih rendah. Siswa
merasa bosan mengikuti pembelajaran Penjasorkes dengan model yang monoton.
Hasil belajar penjasorkes rata-rata siswa di SMP Muhammadiyah 4 Semarang
masih berada di bawah nilai KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui keefektifan model permainan bola berantai terhadap minat dan hasil
belajar penjasorkes siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Semarang.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-
Experimental Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Semarang sebanyak 83 siswa.
Sampel adalah siswa putri berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel
adalah teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data adalah: 1) teknik tes
(kognitif dan praktik); dan 2) nontes (kuisioner). Uji prasyarat data menggunakan
validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dengan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar Penjasorkes siswa kelas
VIII A SMP Muhammadiyah 4 Semarang, diperoleh rata-rata nilai persentase
sebesar 95% dalam kategori sangat baik. Hasil belajar penjasorkes siswa
diperoleh rata-rata nilai sebesar 78. Hasil uji Paired sampel t-test menunjukkan
bahwa model permainan bola berantai efektif terhadap minat dan hasil belajar
Penjasorkes siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Semarang dengan nilai
signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Saran yang dapat diberikan adalah siswa kelas
VIII A SMP Muhammadiyah 4 Semarang, harus lebih giat belajar dan giat
berlatih kebugaran jasmani guna meningkatkan hasil belajar Penjasorkes.
Kata kunci: Keefektifan, Model Permainan, Bola Berantai, Minat Belajar, Hasil
Belajar, Penjasorkes

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:25
Last Modified: 19 Nov 2024 03:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item
View Item