KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI MITIGASI BENCANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN KALIURANG 01 KABUPATEN MAGELANG

LATIFA, HUSNA LAILATUL (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI MITIGASI BENCANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN KALIURANG 01 KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HUSNA LAILATUL LATIFA 16120377.pdf] Text
HUSNA LAILATUL LATIFA 16120377.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

HUSNA LAILATUL LATIFA. NPM 16120377 “Keefektifan Media Video
Animasi Mitigasi Bencana dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning
terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD N Kaliurang 01 Kabupaten
Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas
PGRI Semarang. 2020.
Mitigasi bencana sangat diperlukan untuk menanggulangi bencana alam.
SD N Kaliurang 01 Magelang termasuk wilayah lereng Gunung Merapi, untuk itu
pengetahuan tentang mitigasi bencana harus diberikan kepada perserta didik
dengan mengintegrasikan ke dalam materi pembelajaran. Oleh karena itu tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media video animasi mitigasi
bencana dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap
hasil belajar peserta didik kelas V SD N Kaliurang 01 Kabupaten Magelang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang
digunakan adalah Pre Experimental Design dengan jenis One Group Pretest
Posttest Desaign. Hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai posttest rata-rata
nilai 77 terdapat 17 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik tidak tuntas dengan
ketuntasan klasikal 85% diperoleh thitung = 11,97291883. Dari daftar distribusi t
dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,023. Karena kriteria Ha diterima
apabila thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis statistik Ha
diterima, artinya penggunaan media video animasi mitigasi bencana dengan
model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) efektif meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas V SD N Kaliurang 01 Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:25
Last Modified: 19 Nov 2024 03:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item
View Item