CAHYARINI, WENING (2020) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA SISWA TK A DI TK ISLAM TERPADU CAHAYA UMMAT KARANGJATI BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WENING CAHYARINI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Wening
Cahyarini,
NPM
18156006.
“
Upaya
Meningkatkan
Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Siswa TK
A di TK Islam Cahaya Ummmat Jarangjati Bergas Kabupaten Semarang.”
Penelitian Tindaka Kelas ( PTK ) Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas
Ilmu Pendidikan PGRI Semarang. Pembimbing I ibu Muniroh Munawar, S.Psi,
M.Pd dan pembimbing II ibu Dwi Prasetiyawati, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penulis melakukan penelitian ini
adalah kurangnya kemampauan visual spasial khususnya pada anak usia 4- 5
tahun di kelompok A. Anak – anak masih kesulitan dalam belajar warna
primer,
warna
sekunder,
pencampuran
warna
dan
mengungkapkan
imajinasinya dalam suatu gambar.
Beberapa permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah
kurangnya stimulasi kecerdasan visual spasial dalam memunculkan imajinasi
anak, anak masih minim pengetahuan tentang pencampuran warna, kurangnya
percaya diri anak dalam menggambar bentuk sederhana, metode yang
digunakan dalam bermain warna kurang bervariasi, anak masih merasa jijik
dalam bermain finger painting dan anak masih belum percaya diri dalam
berkreasi dan menggambar sederhana dalam kegiatan finger painting. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kecerdasan
visual spasial anak usia 4 – 5 tahun pada kelompok A di TK IT Cahaya Ummat
Karangjati Bergas Kabupaten Semarang.
Metode penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitiannya adalah anak usia 4 – 5 tahun pada kelompok A yang terdiri dari
16 anak di TK IT Cahaya Ummat karangjati bergas kabupaten Semarang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisa data yang digunakan menggunakan adalah analisis
statistik deskriptif dan aktivitas anak – anak didik.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan visual spasial yang dicapai
anak didik lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana kondisi
awal hanya mencapai 12% namun setelah dilakukan praktek penelitian
tindakan kelas pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 55% dan pada
siklus II mengalami peningkatan sebesar 84%. Disimpulkan bahwa melalui
kegiatan finger painting dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:22 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7822 |