Baihaqi, Muhammad Wildan (2020) UPAYA PENINGKATAN PSIKOMOTOR LARI CEPAT MELALUI PERMAINAN BALL COLOR BAGI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 PEMALANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Muhammad Wildan.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Muhammad Wildan Baihaqi. “ Upaya Peningkatan Psikomotor Lari Cepat
Melalui Permainan Ball Color Bagi Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Pemalang
Tahun Ajaran 2019/2020”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu proses pembelajaran
PJOK khususnya atletik di MTs Negeri 1 Pemalang sudah baik, namun hasil
pembelajaran belum maksimal dan perlu ditingkatkan. Kendala dan kelemahan
dalam proses pembelajaran lari cepat di MTs Negeri 1 Pemalang yaitu pada saat
pembelajaran siswa tidak tertarik dengan lari cepat sehingga banyak siswa yang
bermain sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah permainan Ball
Color dapat meningkatkan psikomotor lari cepat pada siswa kelas VIII MTs
Negeri 1 Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif
dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII
MTs Negeri 1 Pemalang tahun telajaran 2019/2020 sebanyak 378 siswa, yang
terdiri dari sebelas kelas. Hasil pengundian sampel secara simple random
sampling, maka terdapat dua kelas yang terpilih menjadi sampel pada penelitian
ini. Kelas yang menjadi kelompok eksperimen ialah kelas VIII. 8 yang terdiri dari
34 siswa dan kelas VIII. 11 menjadi kelompok kontrol yang terdiri dari 37 siswa.
Sehingga jumlah sampel keseluruhan pada penelitian ini sebanyak 71 siswa.
Teknik pengumpulan data tentang hasil penilaian psikomotor lari cepat 60 M
siswa adalah tes psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ball color efektif
meningkatkan hasil belajar lari 60 M pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1
Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebut dapat dibuktikan dari thitung
kelompok eksperimen 22,271% sedangkan thitung kelompok kontrol sebesar
13,815% dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Artinya terdapat
pengaruh yang signifikan permainan color ball terhadap hasil belajar lari 60 M
pada siswa Kelas VIII 11 MTs Negeri 1 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020.
Simpulan penelitian ini menunjukkan 1) Ada perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar lari 60 M yang diajar menggunakan permainan ball color dan
yang diajar tanpa menggunakan permainan ball color pada siswa kelas VIII MTs
Negeri 1 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020; 2) Pembelajaran menggunakan
permainan ball color lebih baik dari pembelajarn tanpa menggunakan permainan
ball color terhadap hasil belajar lari 60 M siswa kelas VIII MTs Negeri 1
Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Saran, model permainan ball color baik
digunakan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama terutama pada MTs Negeri 1
Pemalang.
Kata Kunci : Psikomotor, Lari Cepat, Ball Color
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:22 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7821 |