PRATISARA, ARTISA (2020) PERANAN METODE PROYEK DALAM KEMAMPUAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ARTISA PRATISARA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (942kB)
Abstract
ARTISA PRATISARA, NPM 18156022. “Peranan Metode Proyek dalam
Kemampuan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini”. Peneltian Kepustakaan
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. dan
Pembimbing II Dwi Prasetiyawati DH, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kecerdasan naturalis anak usia dini. Hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya
kepekaan sosial dan juga minimnya respon anak terhadap lingkungan sekitar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan metode
proyek dalam kemampuan kecerdasan naturalis pada anak usia dini?. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kecerdasan
naturalis pada anak usia dini dan 2) Untuk mengetahui penerapan metode proyek
pembelajaran anak usia dini.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Dalam
penelitian ini, hanya menggunakan sumber data sekunder saja. Metode
pengumpulan data yaitu dengan kajian isi dan teknik dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah mulai terlihatnya ciri dari kecerdasan
naturalis dengan metode proyek pada penelitian Rabiatun yaitu anak mulai tertarik
dunia alam, menyukai tumbuhan dan hewan. Dan menurut Ariestu, metode proyek
dapat meningkatkan rasa tanggung jawab anak untuk mencintai alam. Seperti
dalam penelitian Nia dan Resi, yang memberikan stimulus berupa proyek
berkebun. Sedangkan penelitian Nadia, anak diajak untuk mengenal dan
mengklasifikasikan hewan dan tumbuhan. Namun, pada penelitian Nadia dan
Winda ada penambahan stimulus lainnya. Oleh karena itu, penggunaan metode
proyek dikatakan berhasil apabila pembelajaran harus dilaksanakan sesuai
perencanaan dan persiapan khusus. Disimpulkan bahwa melalui metode proyek
dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia dini.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
harus mampu memberikan pembelajaran yang kreatif, bervariasi, menarik dan
menyenangkan bagi anak serta berbasis pada alam, yang dapat mendekatkan anak
dengan alam sehingga kecerdasan naturalis anak dapat berkembang secara
optimal.
Kata kunci : Metode Proyek, Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:22 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7820 |