Handoko, Wahyu Tri (2019) PERBANDINGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Wahyu Tri Handoko.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
WAHYU TRI HANDOKO. NPM 14230105. ;"Perbandingan Model
Team Games Tournament (Tgt) Dan Student Teams Achievement Division (Stad)
Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli". Skripsi. Pembimbing I Fajar
Ari Widyatmoko, S.Pd., M.Pd.dan pembimbing II Galih Dwi Pradipta, S.Pd.,
M.Or. 2019.
Berdasarkan wawancara dan observasi, banyak siswa yang belum
menguasai teknik dasar bola voli salah satunya adalah passing. Hal ini
dikarenakan kurang variatifnya model pembelajaran yang digunakan sehingga
mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah 1) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli?,
2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Student Teams Achivment
Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli?,
3)Seberapa besar perbedaan antara model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) dan Student Teams Achivment Division (STAD) untuk
meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli?. Penelitian ini memiliki
tujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara model pembelajaran
Teams Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achivment Division
(STAD) terhadap hasil belajar passing bawah bola.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang
menggunakan metode eksperimen yang dilakukan di MTs Sunan Kalijaga
Bawang Batang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimental
desain dalam bentuk pretest-posttest control grup design dalam dua macam
perlakuan. Model penelitian ini adalah perluasan dari model pertama, jika dalam
model pertama terdapat hanya satu kelompok yang diberikan treatment atau
perlakuan, dalam model ini terdapat dua kelompok yang diberikan treatment atau
perlakuan.
Hasil uji perbandingan nilai rata-rata posttest pada ketiga aspek diperoleh
nilai sig < 0.05 yang berarti bahwa ada perbedaan rata-rata nilai posttest yang
signifikan antara kelompok TGT dan STAD dan KONTROL. Hasil uji Wilcoxon
kelompok TGT yaitu Pretest Posttest Avektif -4.563(a), Pretest Posttest Kognitif -
4.799 (a), Pretest Posttest Psikomotor -4.810 (a). Hal diatas menunjukkan bahwa
metote TGT lebih efektif dibandingan dengan metode STAD dan KONTROL
dalam meningkatkan kemampuan pasing bawah siswa berdasarkan ketiga aspek
yaitu, afektif, kognitif dan psikomotorik.
Bagi guru penjas disarankan agar model pembelajaran team games
tornament dapat dijadikan salah satu model pembelajaran alternatif untuk
meningkatkan keaktifan siswa
Kata Kunci : Team Games Tournament (Tgt), Student Teams Achievement
Division (Stad), Passing Bawah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:20 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7818 |