PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WIBOWO, MUHAMMAD WAHYU (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MUHAMMAD WAHYU WIBOWO.pdf] Text
MUHAMMAD WAHYU WIBOWO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Wahyu Wibowo, NPM 15410196. Penerapan Model
Problem Based Instruction Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada
Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedung Tahun Pelajaran 2019/2020.
Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Ngatmini, M.Pd., dan pembimbing II Siti Ulfiyani, S.Pd.,
M.Pd. September 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran menulis teks eksposisi yang
dilakukan oleh peserta didik pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kedung Kabupaten
Jepara cenderung kurang produktif. Penyebab pembelajaran menjadi kurang
produktif ialah pembelajaran konvensional. Dimana, masih menerapkan model
ceramah dalam pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut perlu diterapkan
model tertentu untuk menjadikan pembelajaran menulis teks eksposisi pada
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedung Kabupaten Jepara lebih produktif.
Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model Problem Based Instruction.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model problem based instruction dalam pembelajaran menulis Teks Eksposisi
pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedung? Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan model problem based instruction
dalam pembelajaran menulis Teks Eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 1 Kedung tahun pelajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian
ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas VIII di SMP Negeri 1 Kedung Kabupaten Jepara, sedangkan sampelnya
yaitu peserta didik kelas VIII C dan VIII D. Adapun, teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes dan (2) nontes. Teknik tes yang
digunakan berupa tes menulis teks eksposisi, sedangkan teknik nontes yang
digunakan berupa teknik observasi dan angket.
Teknik
penyajian
analisis
data dilakukan secara deskriptif kualitatif, yaitu dalam penyajian menggunakan
kalimat sebagai bahan pendeskripsian tentang keadaan peserta didik yang diambil
data dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan model problem based
instruction.
Berdasarkan hasil proses pembelajaran menulis teks eksposisi kelas VIII C
dan D dengan memperhatikan unsur pembangunnya diperoleh proses sebagai
berikut, keseluruhan kegiatan pembelajaran ini dimulai dari beberapa kegiatan
yakni kegiatan awal, inti, dan penutup yang diuraikan sebagai berikut:
Kegiatan awal, pada kegiatan ini peneliti mengucapkan salam kepada
peserta didik sebagai awal akan dimulainya pembelajaran dan mempersiapkan
peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. Dilanjutkan berdoa agar
materi yang dipelajari dapat bermanfaat dan memotivasi peserta didik. Peneliti
menggunakan vidio sebagai contoh gambaran terkait materi yang akan dipelajari.
Setelah peserta didik mengetahui materi yang akan dipelajari maka peneliti
menyampaikan tujuan pembelajaran setelah mempelajari teks eksposisi.
ix
Kegiatan inti, pada kegiatan ini peneliti menjelaskan materi mengenai teks
eksposisi meliputi pengertian teks eksposisi, unsur-unsur yang ada pada teks
eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, struktur teks eksposisi, dan terkahir mengenai
pola pengembangan teks eksposisi sebagai pertemuan pertama. Pada saat setelah
menjelaskan unsu-unsur teks eksposisi kemudian peneliti memberikan satu contoh
teks eksposisi, di mana peserta didik berkesempatan menjawab berdasarkan
unsur-unsur apa saja yang ada pada contoh teks pertama. Begitu juga ketika
menyampaikan ciri-ciri, struktur, dan pola pengembangan teks eksposisi selalu
disertai dengan contoh yang di mana peserta didik berkesempatan menjawab
sekaligus menyelesaikan persoalan yang ada pada teks. Sesudah peneliti
menyampaikan semua materi, kemudian peneliti membentuk kelompok yang
terdiri dari empat orang peserta didik diberikan satu soal teks, di mana peserta
didik bertugas memperhatikan permasalahan teks tersebut dengan memperhatikan
unsur-unsur teks eksposisi.
Selanjutnya peneliti memberikan arahan untuk menyelesai permasalahan
teks tersebut dengan memperhatikan unsur-unsur teks eksposisi. Di sini peneliti
memantau sekaligus membimbing peserta didik untuk melakukan diskusi dan
memahami unsur-unsur yang telah disampaikan peneliti, di mana penjelasan
mengenai unsur-unsur teks eksposisi digunakan sebagai bahan dalam
menyelesaikan satu soal teks yang diberikan oleh peneliti. Setelah peserta didik
menyelesaikan satu sooal teks. Peserta didik diberikan kesempatan untuk
menyampaikan hasil diskusi kelompok mengenai unsur-unsur apa saja yang
terdapat pada satu soal teks tersebut. Apabila jawaban benar maka rekan-rekan
peserta didik dan peneliti memberikan apresiasi dengan tepuk tangan. Hingga
pada akhir materi peserta didik diberikan tugas individu oleh peneliti, dengan
membuat satu teks eksposisi berdasarkan struktur teks eksposisi. Sebagai bahan
pertemuan kedua.
Kegiatan penutup, sebelum menutup pembelajaran peneliti memberikan
evaluasi pembelajaran mengenai materi yang sudah diajarkan, seperti membahas
ulang bersama-sama dengan peserta didik mengenai materi. Serta memberikan
apresiasi kepada peserta didik yang telah mempresentaikan hasil menulis teks
eksposisi.
Berdasarkan hasil proses pembelajaran tersebut, rata-rata kriteria ketuntasan
minimum yang didapat sebelumnya ialah 60 dan setelah menggunakan model
problem based instruction rata-rata yang didapat ialah 74 dimana peserta didik
mendapat kesempatan dalam menyampaikan pendapat menganai materi yang
sedang dibahas, peserta didik aktif, komunikatif, dan kritis dalam pembelajaran
teks eksposisi, peserta didik juga paham serta mampu membuat teks eksposisi
lengkap dengan strukturnya. Maka penggunaan model problem based instruction
dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII C dan D
dinyatakan dapat diterapkan.
Saran yang dapat di sampaikan adalah pendidik lebih mengembangkan
model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga dapat
membuat peserta didik lebih produktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Kata kunci: menulis teks eksposisi, model problem based instruction, penerapan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:20
Last Modified: 19 Nov 2024 03:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7817

Actions (login required)

View Item
View Item