PUSPITANINGRUM, ARTA (2020) IMPLEMENTASI VIDEO JASUIR PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SDN PALEBON 03 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ARTA PUSPITANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ARTA PUSPITANINGRUM. NPM 15120053. “Implementasi Video Jasuir Pada
Tema Lingkungan Sahabat Kita Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Dan
Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN Palebon 03 Semarang”.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang, Dr. Iin Purnamasari M. Pd Veryliana Purnamasari M.
Pd, Agustus, 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya motivasi
belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena
kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam menumbuhkan motivasi belajar
dan ketermpilan berpikir kritis peserta didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah implementasi video jasuir
mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas V SDN Palebon 03 Semarang?, 2)
Apakah implementasi video jasuir dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis
peserta didik dalam pembelajaran kelas V SDN Palebon 03 Semarang?, 3) Apakah
keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat mencapai nilai rata-rata dengan
menggunakan pembelajaran melalui video jasuir pada kelas V SDN Palebon 03
Semarang?, 4) Bagaimana perbedaan hasil pretest dan posttest peserta didik kelas V
SDN Palebon 03 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai untuk mengetahui
implementasi video jasuir pada tema lingkungan sahabat kita dalam menumbuhkan
motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SDN Palebon
03 Semarang.
Jenis Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode dalam bentuk Pre-Eksperimental Design(nondesign) denan
design One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh sisw
kelas V SDN Palebon 03 Semarang. Sampel yang diambil adalah 36 siswa kelas V
dengan menggunkan teknik Probability Sampling dan Nonprobability Sampling. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, observasi,wawancara dan
angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) setelah menggunakan video jasuir,
motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Palebon 03 Semarang mengalami
peningkatan dalam memahami materi pelajaran. Hal ini bisa dilihat dari angket
motivasi siswa mendapatkan nilai mean dari variabel Motivasi belajar sebesar 95,63.
2) Nilai rata-rata hasil nilai pretest sebesar 63,5 dan rata-rata hasil nilai postets
sebesar 77,1. Hal ini menunjukan bahwa implementasi video jasuir mampu
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa terutama dalam memahami materi
IPA pada Kelas V SDN Palebon 03 Semarang. 3) Keterampilan berpikir kritis peserta
didik dalam mencapai nilai rata-rata pada pembelajaran menggunakan video jasuir
mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang didapatkan
siswa setelah menerapkan pembelajaran menggunakan video jasuir adalah 77,1
dengan jumlah yang mencapai KKM ada sebanyak 31 siswa. 4) Terdapat perbedaan
dalam hasil pretest dan posttest siswa kelas V SD Negeri Palebon 03 Semarang
setelah penerapan video jasuir pada proses belajar mengajar. Hal ini dapat diketahui
dari
nilai
signifikansi
(2-tailed)
pada
tabel.
Nilai
signifikansi (2-tailed) didapatkan adalah 0,000 (p < 0,05). Sehingga hasil pretest dan
posttest mengalami perubahan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:19 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7816 |