PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 GEMBONG TAHUN AJARAN 2019/2020

IRFANSYAH, WAHYU TAUFIQ (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 GEMBONG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of WAHYU TAUFIQ IRFANSYAH 15410005.pdf] Text
WAHYU TAUFIQ IRFANSYAH 15410005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)

Abstract

WAHYU TAUFIQ IRFANSYAH. NPM 15410005. “Penerapan Model
Problem Basic Leraning (PBL) Dalam Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi
Cerita Fabel Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Gembong“. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Ngatmini, M.Pd.Pembimbing II
Rawinda Fitrotul Mualafina, S.S, M.A. Agustus. 2020.
Kata kunci : Penerapan model Problem Basic Learning , menceritakan
kembali isi cerita fabel
Penelitian ini dilatar belakangi peserta didik masih kesulitan berbicara tentang
mengenai kata diksi, struktur teks cerita moral fabel serta guru belum
menggunakan model Problem Basic Learning dengan menggunakan media
ceramah.
Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana penerapan
model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran menceritakan kembali
isi cerita fabel peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gembong tahun ajaran
2019/2020 ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
problem based learning (PBL) dalam pembelajaran menceritakan kembali isi
cerita fabel peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gembong tahun ajaran
2019/2020.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
kualitatif. Data yang penelitian ini berupa nilai-nilai yang diperoleh peserta didik
dalam menceritakan kembali isi cerita fabel, sedangkan sumber data penelitian ini
yaitu guru dan peserta didik. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara
kualitatif yaitu mendeskripsikan penerapan model Problem Basic Learning dalam
pembelajaran menceritakan kembali cerita fabel peserta didik kelas VII
SMP Negeri 1 Gembong tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:18
Last Modified: 19 Nov 2024 03:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7814

Actions (login required)

View Item
View Item