KURNIAWATI, WAHYU (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WAHYU KURNIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya kemampuan berpikir
kritis matematis siswa. Alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan
tersebut adalah model pembelajaran Problem Based Learning dan pair check.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifitas Problem Based
Learning dengan pair check terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel
dengan teknik Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP Negeri 7 Purwodadi. Sampel penelitian kelas VII B sebagai
kelas dengan model pembelajaran pair check, kelas VII D sebagai kelas dengan
model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VII C sebagai kelas
konvensional. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis
matematis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perhitungan anava
satu arah dilanjutkan dengan uji Scheffe‟ dan uji regresi untuk mengetahui besar
pengaruhnya. Kesimpulan dari hasil pengolahan data tersebut adalah. 1) Terdapat
perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan modelpembelajaran problem based learning, pair check dan
konvensional. 2) model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari
pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 3)
model pembelajaran pair check lebih baik dari pendekatan konvensional terhadap
kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 4) Kemampuan berpikir kritis siswa
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan
model pembelajaran pair check mencapai KKM. 5) Terdapat pengaruh keaktifan
siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dan pair check.
Kata kunci: berpikir kritisf, Problem Based Learning, dan pair check.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:12 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7804 |