PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAMOTAN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WICAKSONO, WAHYU DANANG (2019) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAMOTAN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of WAHYU DANANG WICAKSONO.pdf] Text
WAHYU DANANG WICAKSONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

WAHYU DANANG WICAKSONO, Penerapan Model Picture and
Picture dalam pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Tahun Pelajaran
2017/2018. Skripsi. Falkutas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dr. Harjito, M.Hum. dan Pembimbing II Pipit Mugi
Handayani, S.S.,M.A. Juli 2019.
Kata Kunci: Penerapan model Picture and Picture, menulis teks eksplanasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks eksplanasi
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pamotan tahun pelajaran 2018/2019 yang
masih kurang. Kemampuan menulis teks eksplanasi belum dapat mencapai
kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan pihak sekolah yaitu 75.
Adanya kondisi seperti itu perlu adanya model pembelajaran yang tepat dalam
pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Pamotan tahun pelajaran 2018/2019. Model yang diterapkan adalah model Picture
and Picture.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model
Picture and Picture dala pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Pamotan tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Picture and Picture
dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Pamotan tahun pelajaran 2018/2019.
Pada metode penelitian dalam skripsi ini digunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Pamotan tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah kelas
VIII E yang diambil secara acak (teknik random sampling). Dari pengumpulan
data yang diperoleh dua teknik analisis data yaitu bentuk tes dan nontes. Teknik
tes dilakukan dengan cara memberikan tes menulis teks eksplanasi menggunakan
model Picture and Picture. Teknik nontes dilakukan dengan observasi, angket,
dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil presentase nilai dapat diketahui bahwa data
kemampuan menulis teks eksplanasi yang berjumlah 31 siswa, tidak ada siswa
yang mendapat nilai pada interval <75, yang termasuk pada kategori kurang. Pada
interval 75-82 dengan presentase 10%, yang termasuk pada kategori cukup
berjumlah 3 siswa. Nilai dengan interval 83-91, termasuk pada kategori baik
dengan presentase 74% terdapat 23 siswa. Kategori sangat baik yaitu nilai dengan
interval 92-100 dengan presentase 16% ada 5 siswa. Nilai rata-rata pembelajaran
mencapai 87,9 melebihi nilai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan
yaitu 75.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model Picture and Picture
dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Pamotan Rembang tahun pelajaran 2018/2019. Saran yang
penulis adalah guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dan menarik
dengan materi yang diajarkan agar proses pembelajaran menjadi aktif dan tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:08
Last Modified: 19 Nov 2024 03:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7795

Actions (login required)

View Item
View Item