PRATAMA, WAHYU BAMBANG (2019) KEEFEKTIFAN METODE TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS EKSPOSISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WAHYU BAMBANG PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Wahyu Bambang Pratama. NPM 15410013. “Keefektifan metode time
token dalam pembelajaran menganalisis teks eksposisi pada peserta didik kelas X
SMA Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. 2019. Pembimbing I Dr. Asrofah, M.Pd., M.Pd.
Pembimbing II Zainal Arifin, S.Pd., M.Hum.
Kata kunci: Keefektifan, Metode Time Token, Menganalisis Teks Eksposisi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang minat peserta didik untuk aktif
dalam menerima pembelajaran menganalisis teks eksposisi. Diperlukan motivasi
dan kreatifitas untuk menghadirkan pembelajaran yang menumbuhkan minat
peserta didik dalam pembelajaran dan menerima materi. Metode yang dipilih
berdasarkan inovasi peneliti menghadirkan metode yang menarik dan tidak
memihak peserta didik yang aktif maupun kurang aktif dengan metode time token.
Terkait dengan latar belakang permasalahan tersebut, maka masalah pokok
yang dikaji adalah bagaimanakah keefektifan metode time token dalam
pembelajaran menganalisis teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri
3 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini mendeskripsikan
keefektifan metode time token dalam pembelajaran menganalisis teks eksposisi
pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan non tes peserta didik kelas X SMA
Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020. Dalam penelitian kuantitatif data
yang diperoleh dari hasil tes akan dianalisis dengan teknik analisis data uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 81,286
dengan kategori nilai baik. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata
59,071 dengan kategori nilai kurang. Hal tersebut membuktikan bahwa metode
time token efektif dalam pembelajaran menganalisis teks eksposisi pada peserta
didik kelas X SMA Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2019/2020.
Saran ditujukan kepada berbagai pihak antara lain yang pertama adalah
guru dapat menggunakan metode time token dalam pembelajaran menganalisis
teks eksposisi, yang kedua adalah peserta didik agar mendukung penggunaan
metode time token dan metode lainya sebagai metode pembelajaran, yang ketiga
adalah pihak sekolah seharusnya mendukung dan memfasilitasi penggunaan
metode oleh peserta didik dan guru agar pembelajaran menjadi lebih aktif dan
inovatif, dan yang keempat adalah peneliti selanjutnya, peneliti selanjutnya dapat
termotifasi untuk mengoptimalkan metode time token maupun metode lain sebagai
penelitiannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:04 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7793 |