FEBRIYANSYAH, MUHAMMAD SANDY (2020) PERSEPSI SISWA MENGENAI PENDIDIKAN SEKS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF) PADA SISWA KELAS ATAS SDN BANDUNGAN 03 KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MUHAMMAD SANDY FEBRIYANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Muhammad Sandy Febriyansyah. NPM 16120015. “Persepsi Siswa
Mengenai Pendidikan Seks (Studi Deskriptif Kualitatif) pada Siswa Kelas Atas
SDN Bandungan 03 Kabupaten Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
2020.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap
pendidikan seks, (2) Untuk mengetahui sumber yang digunakan oleh siswa untuk
memperoleh pendidikan seks, (3) Untuk mengetahui pengetahuan apa yang
banyak dibutuhkan oleh siswa melalui sumber-sumber tersebut, (4) Untuk
mengetahui kasus kekerasan seksual yang dialami oleh siswa SDN Bandungan 03
Kabupaten Semarang, dan (5) Untuk mengetahui perilaku menyimpang yang
berhubungan dengan tindakan seksual pada siswa SDN Bandungan 03 Kabupaten
Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data
dalam penelitian ini yaitu: Informan atau narasumber, yaitu siswa kelas atas SDN
Bandungan 03 Kabupaten Semarang serta guru. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara mendalam (in depth
interviewing). Teknik pengembangan validitas data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah trianggulasi data (trianggulasi sumber) dan review informan.
Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
analisis interaktif (Interactive Model of Analisys) yang memiliki tiga komponen
yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Persepsi siswa
mengenai pendidikan seks adalah pendidikan seks dipandang oleh siswa sebagai
sesuatu yang penting, bernilai positif, serta bermanfaat bagi mereka dalam
membantu persoalan hidup siswa. Melalui pendidikan seks siswa mampu
mengarahkan perilaku seksualnya agar tidak menyimpang dari norma yang ada
serta dapat terhindar dari hal-hal yang negatif, (2) Sumber pendidikan seks yang
digunakan oleh siswa adalah dari lingkungan keluarga ataupun sekolah. Selain itu
siswa banyak mendapatkan informasi dan pengetahuan seks dari media massa dan
teman sebaya, (3) Pengetahuan seputar seks yang dicari dan dibutuhkan oleh
siswa adalah pengetahuan tentang masa pubertas, perkembangan dan
pertumbuhan fisik dan non fisik, misalnya pengetahuan tentang menstruasi bagi
siswa perempuan, (4) Kasus kekerasan seksual yang dialami oleh siswa SDN
Bandungan 03 tidak terjadi/tidak ada walaupun lingkungan tempat tinggal siswa
SDN Bandungan 03 dekat lokalisasi/karaoke di daerah Bandungan, dan (5)
Perilaku menyimpang yang berhubungan dengan tindakan seksual pada Siswa
SDN Bandungan 03 Kabupaten Semarang belum pernah terjadi dan tidak
ditemukan pada siswa SDN Bandungan 03.
Kata kunci: Persepsi siswa, pendidikan seks
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:03 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7789 |