Cahyo, Arivian Noor (2019) EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN PEMANASAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA SMP MUHAMMADIYAH 08 LIMBANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Arivian Noor Cahyo.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Arivian Noor Cahyo “Efektivitas Metode Permainan Pemanasan Untuk
Meningkatkan Minat Siswa SMP Muhammadiyah 08 Limbangan” Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang 2019.
Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran penjas sangat berpengaruh
dikegiatan belajar mengajar untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif,
kurangnya minat siswa mengacu berdasarkan aspek yang mempengaruhi minat
yaitu (1) rasa senang, (2) perhatian, (3) keterlibatan, (4) ketertarikan, metode
permainan dalam pemanasan diharapkan mampu untuk meningkatkan minat siswa
SMP Muhammadiyah 08 Limbangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
efektivitas metode permainan pemanasan untuk meningkatakan minat siswa SMP
Muhammadiyah 08 Limbangan.
Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Pre-
Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-posttest Design.
Pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sanpel dari penelitian ini
yaitu Kelas IX SMP Muhammadiyah 08 Limbangan yang berjumlah 19 siswa.
Analisis data menggunakan uji paired sample t-test.
Berdasarkan hasil perhitungan data yang di peroleh hasil nilai rata-rata
untuk pretest 54,2105 (54%) dan hasil rata-rata posttest 79,1053 (79%), oleh
karena itu didapat selisih nilai pretest dan posttest 24,8948 (25%). Berdasarkan
hasil analisis data dengan uji paired sample t-test menunjukan bahwa nilai
signifikan (0,000) lebih kecil dari nilai alpha (5%) atau 0,05. Sehingga dengan
demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga metode permainan pemanasan
efektif dalam meneingkatkan minat siswa SMP Muhammadiyah 08 Limbangan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa metode permainan pemanasan efektif
meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas. Hal ini
disebabkan karena adanya indikator (1) rasa senang, (2) perhatian, (3)
keterlibatan, (4) ketertarikan. Saran, siswa diharapkan berpartisipasi secara aktif
dalam proses pembelajaran dan guru dapat menggunakan metode permainan
pemanasan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Kata Kunci : Metode Permainan Pemanasan, Minat Siswa, SMP
Muhammadiyah 08 Limbangan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:02 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7787 |