BENTUK POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS II DI SDN REJOSARI KECAMATAN KARANGTENGAH, KABUPATEN DEMAK

HAYUFANI, VITRIANA DARA (2020) BENTUK POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS II DI SDN REJOSARI KECAMATAN KARANGTENGAH, KABUPATEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Vitriana Dara Hayufani.pdf] Text
Vitriana Dara Hayufani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

VITRIANA DARA HAYUFANI. NPM 15120149 “Bentuk Pola Asuh Orangtua
Terhadap Prestasi siswa Kelas II Di SD Negeri Rejosari Kecamatan Karangtengah
Kabupaten Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah bahwa prestasi belajar
sangat penting dan dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang diterapkan oleh
siswakelas II Di SD Negeri Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten
Demak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pola asuh
orang tua terhadap prestasi siswa kelas II SD Negeri Rejosari Kecamatan
Karangtengah Kabupaten Demak”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bentuk pola asuh orang tua serta hubungannya dengan prestasi belajar siswa kelas
II SD Negeri Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptif
persentase. Subyek penelitian adalah guru kelas II, orangtua, dan siswa kelas II
SD Negeri Rejosari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Penelitian ini
mengenai bentuk pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, angket/kuesioner, wawancara, dan
dokumentasi. Pengecekan data dengan cara triangulasi, peningkatan ketekunan,
dan perpanjangan pengamatan. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga jenis pola asuh yang diterapkan
oleh orangtua yaitu pola asuh demokratis, pola asuh permisif, dan pola asuh
cenderung otoriter. Orangtua menerapkan pola asuh demokratis, orang tua
menerapkan pola asuh permisif, dan orangtua menerapkan pola asuh otoriter.
Hasil prestasi belajar siswa menunjukan prestasi sangat baik, prestasi baik, dan
prestasi cukup. Bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang baik antara pola
asuh orangtua dengan prestasi belajar siswa, karena orangtua yang memberikan
pola asuh yang baik kepada anak maka akan mempengaruhi prestasi yang baik
bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang yang dapat disampaikan
yaitu bagi siswa, agar mempunyai semangat belajar yang tinggi sekaligus dapat
meraih prestasi yang tinggi dan bisa menggapai cita-cita yang diinginkan. Bagi
guru, diharapkan mampu menjalin komunikasi dengan siswa dan orangtua dengan
baik agar mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa, guru harus memperhatikan perkembangan
prestasi belajar siswa terutama bagi siswa yang mempunyai prestasi rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:59
Last Modified: 19 Nov 2024 02:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7782

Actions (login required)

View Item
View Item