PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN JENGA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN LAMPER TENGAH 01 SEMARANG

ZAHRA, VITA FATIMATU (2019) PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN JENGA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN LAMPER TENGAH 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Vita Fatimatu Zahra.pdf] Text
Vita Fatimatu Zahra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

VITA FATIMATU ZAHRA. NPM 15120446. “Pengaruh Penggunaan
Permainan Jenga Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri
Lamper Tengah 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs.
Wijonarko, M.Kom. Pembimbing II Qoriati Mushafanah, S.Pd, M.Pd. November.
2019.
Latar belakang penelitian ini berpusat pada masalah pembelajaran
matematika yang masih monoton sehingga siswa merasa bosan dalam belajar dan
berakibat pada rendahnya minat belajar matematika siswa. Rendahnya minat
belajar siswa mempengaruhi hasil belajarnya.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana
pengaruh pengaruh penggunaan permainan jenga terhadap minat belajar
matematika siswa kelas IV SDN Lamper Tengah 01 Semarang?”. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan
perminan jenga terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri
Lamper Tengah 01 Semarang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental design
dengan model penilitan one group pretest - posttest design. Sampel dari penelitian
ini yaitu kelas IV SD Negeri Lamper Tengah 01 tahun pelajaran 2019/2020 yang
berjumlah 34 siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini dengan melakukan
observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi.
Berdasarkan
hasil
penelitian,
data
angket
minat
belajar
siswa
menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest yaitu 58,441. Setelah diberikan
perlakuan dengan menggunakan permainan jenga, rata-rata posttest angket minat
belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 78,206. Data tersebut didukung
dengan uji-t yang diperoleh hasil = 12,193 dan = 2,035 dengan taraf
signifikan 5%. Sehingga > (12,193 > 2,035) yang berarti bahwa Ha ditolak dan diterima. Sedangkan data hasil belajar menunjukkan bahwa rata-
rata nilai pretest yaitu 41,765 dan rata-rata posttest yaitu 63,059. Data tersebut
didukung dengan uji-t yang diperoleh hasil = 10,237 dan = 2,035,
sehingga > (10,237 > 2,035) yang berarti bahwa ditolak dan Ho diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan permainan
jenga terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Lamper
Tengah 01.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
permainan jenga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran agar
siswa tidak merasa bosan sehingga minat belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:55
Last Modified: 19 Nov 2024 02:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7777

Actions (login required)

View Item
View Item