Cahyono, Hendra Gunawan (2020) PENGEMBANGAN MEDIA UNO STACKO MATEMATIKA (UNOMAT) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Hendra Gunawan Cahyono.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa merupakan kemampuan siswa dalam menguasi
suatu konsep ataupun materi. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis
diperlukan perbaikan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
pengembangan untuk menghasilkan media uno stacko matematika (unomat) berbasis pendekatan
realistik matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Model
pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan desain penelitian pretest dan posttest pada
kelas kontrol dan eksperimen. Tahap pertama Analysis yaitu siswa memiliki permasalahan
kemampuan pemahaman konsep serta membutuhkan media pembelajaran menarik. Tahap kedua
Design merancang media uno stacko matematika.Tahap ketiga adalah Development yaitu media
dan perangkat pembelajaran yang telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh ahli media, ahli materi,
serta ahli desain pembelajaran yang masing-masing mendapatkan presentase berturut-turut sebesar
85,3%, 85,8%, dan 92,5% yang termasuk kategori sangat tinggi. Tahap keempat adalah
Implementation menunjukan media ini efektif digunakan untuk pembelajaran dengan memperoleh
rata-rata N-Gain sebesar 0,732 pada kelas eksperimen dan 0,548 pada kelas kontrol. Tahap kelima
adalah Evaluation yang menunjukan bahwa media uno stacko matematika (unomat) berbasis
pendekatan realistik matematika praktis digunakan dengan memperoleh presentase sebesar 86,8%.
Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematis, UNOMAT, RME
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:54 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7775 |