ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 3 PEMALANG

Maulani, Vita Ariza (2020) ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 3 PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Vita Ariza Maulani_16220031.pdf] Text
Vita Ariza Maulani_16220031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Vita Ariza Maulani, “Analisis Penerapan Media Pembelajaran Daring
dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 pada Mata
Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 3 Pemalang”. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kebijakan Kemendikbud yang mengeluarkan surat edaran
No. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan proses belajar yang dilaksanakan
di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dalam masa darurat covid-19.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, peneliti melakukan kegiatan
dengan menguraikan data maupun fakta dengan menemukan realita yang ada dan
dilakukan secara terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian. Informan
dalam penelitian ini ada lima yakni kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru,
admin sekolah dan siswa kelas XI jurusan IPS. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan
triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data
kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah sekolah di SMA Negeri 3 Pemalang menerapkan
kegiatan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 sesuai dengan
kebijakan dari pemerintah. Media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran
daring di SMA Negeri 3 Pemalang menggunakan website sekolah. Website ini
membantu ketercapaian tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran daring pada
mata pelajaran ekonomi dilaksanakan setiap satu minggu seklai dengan durasi
waktu sekitar 20 - 30 menit. Keberhasilan penerapan pembelajaran daring di SMA
Negeri 3 Pemalang sudah mencapai 99%. Ketercapaian tersebut karena adanya
koordinasi yang baik disemua pihak sekolah. Permasalahan pembelajaran daring
di SMA Negeri 3 Pemalang berasal dari faktor eksternal diantaranya jaringan
internet yang lambat, fasilitas yang tidak memadai, kuota internet yang mahal, dan
kurangnya pengawasan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran daring dalam pencapaian
tujuan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi sudah mencapai 85%.
Kata kunci: Media Pembelajaran Daring, Tujuan Pembelajaran, Pandemi Covid -
19, Manajemen Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:53
Last Modified: 19 Nov 2024 02:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7774

Actions (login required)

View Item
View Item