ANTIKA, HENDI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI SANDISKO DENGAN MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA KEBERSAMAAN KELAS 2 SD NEGERI TAMBAKREJO 01 SEMARANGSA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HENDI ANTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
HENDI ANTIKA. NPM 15120466. “Pengaruh Penggunaan Media Animasi
SANDISKO dengan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually terhadap
Hasil Belajar Tema Kebersamaan Kelas 2 SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing Wawan Priyanto,
S.Pd., M.Pd dan Dr. Iin Purnamasari, M.Pd. 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif
pembelajaran tematik peserta didik kelas 2 SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
Sebesar 38,46% peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM). Hal tersebut disebabkan kurangnya variasi dalam penggunaan media dan
model pembelajaran saat proses belajar mengajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media animasi
SANDISKO dengan model somatic auditory visualization intellectually
berpengaruh terhadap hasil belajar tema kebersamaan kelas 2 SD Negeri
Tambakrejo 01? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media
animasi SANDISKO dengan model somatic auditory visualization intellectually
terhadap hasil belajar tema kebersamaan kelas 2 SD Negeri Tambakrejo 01
Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah penelitian eksperimen dalam
bentuk desain quasi experimental design yang digunakan adalah bentuk
nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas 2 SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang yang berjumlah 27
peserta didik yang terdiri dari kelas 2A dan 26 peserta didik dari kelas 2B dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
tes (pretest dan posttest), observasi dan dokumentasi.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen
sebesar 68,65. Setelah diberi perlakuan menggunakan video animasi SANDISKO
dengan model somatic auditory visualization intellectually, nilai rata-rata posttest
mengalami peningkatan menjadi 80,96. Data tersebut didukung oleh analisis
menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan r2= 0,541 jadi variabel x
(media animasi SANDISKO dengan model SAVI) mempengaruhi variabel y
(hasil belajar tema kebersamaan) sebesar 54,1%. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa media animasi SANDISKO dengan model somatic auditory visualization
intellectually berpengaruh signifikan untuk meningkatkan hasil belajar tema
kebersamaan kelas 2 SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya media animasi andisko dengan model somatic auditory visualization
intellectually dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam melakukan
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:52 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7773 |