PRATAMA, VIRKY AGIS (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS XII SMK IBU KARTINI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
VIRKY AGIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Virky Agis Pratama. NPM 13110082: “Meningkatkan Kemampuan Pemilihan
Karir Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Diskusi Di
Kelas XII Smk Ibu Kartini Semarang” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2020.
Dosen Pembimbing I: Prof. Drs. H. Supardi, MM. Dosen Pembimbing II:
Dra. Tri Hartini, M.Pd., Kons
Pemilihan karir adalah usaha untuk mempersiapkan dan merencanakan karir
meraka masing-masing, masalah ini terjadi di SMK Ibu Kartini Semarang terdapat
peserta didik kelas XII RPL, BOGA, dan BUSANA yang masih bingung untuk
menentukan pilihan karir seperti: a) siswa mudah terpengaruh cita-cita dari orang
lain, b) siswa ingin mengetahui bakat dan kemampuannya, c) siswa belum
mempunyai cita-cita tertentu, dan d) masih bingung untuk menentukan pilihan
karirnya dan juga masih ragu antara ingin melanjutkan sekolah atau bekerja
dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan metode diskusi. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui gambaran terhadap meningkatkan kemampuan
pemilihan karir siswa penggunaan metode diskusi untuk mengetahui arah dan
tujuan agar bisa memilih sesuai dengan kemampuan bakat dan minat peserta didik
kelas XII SMK IBU KARTINI SEMARANG. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian
ini adalah kelas XII SMK IBU KARTINI SEMARANG Tahun ajaran 2019/2020
yang berjumlah 10. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah metode
diskusi dengan bimbingan kelompok. Metode diskusi adalah metode pembelajaran
yang menghadapkan pembelajaran peserta didik pada suatu permasalahan, tujuan
utama metode ini untuk memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi
seseorang, menjawab pertanyaan yang ada didalam kelompok dan memahami
pengetahuan pesreta didik, serta untuk membantu suatu keputusan. Data di
analisis secara deskriptif dengan cara melihat hasil sesudah dilakukan bimbingan
kelompok.
Tujuan
layanan
bimbingan
kelompok
untuk
mendorong
pengembangan perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang menunjang
perwujudan tingkah laku yang lebih efektif, yaitu peningkatan kemampuan
berkomunikasi baik verbal maupun nonverbal para siswa, selain itu serta
maningkatkan mutu kerja sama dalam kelompok untuk tujuan yang bermakna dan
merespon kebutuhan minat para peserta didik dan bagi para partisipan. Hasil
perhitungan rata-rata skor meningkatkan kemampuan pemilihan karir sebelum
mengikuti bimbingan kelompok dengan metode diskusi 40, dan setelah
mengikutin bimbingan kelompok dengan metode diskusi menurun menjadi 20.
Maka dapat disimpulkan bahwa layananbimbingan kelompok dengan metode
diskusi dapat mengatasi meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa peserta
didik kelas XII SMK IBU KARTINI SEMARANG Tahun Ajaran 2019/2020.
Kata kunci:Diskusi, Pemilihan Karir Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:50 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7772 |