MAULIDA, HASNA NUR (2020) PENERAPAN MEDIA FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Hasna Nur Maulida.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Hasna Nur Maulida, NPM 15410009. Penerapan Media Film Dokumenter
dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X SMA
Negeri 3 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa
dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Ngatmini, M.Pd., dan
Pembimbing II Azzah Nayla, S.Pd., M.Pd. Agustus 2019.
Kata Kunci: penerapan media film dokumenter , pembelajaran menulis, teks
biografi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis teks biografi pada
peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Demak tahun pelajaran 2018/2019 yang
masih dibawah KKM. Melihat kondisi kelas tersebut perlu diupayakan
penggunaan media pembelajaran tertentu untuk memperbaiki keterampilan dan
menumbuhkan minat dalam menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA
Negeri 3 Demak. Media yang diterapkan yaitu media film dokumenter. Rumusan
masalahnya adalah bagaimana penerapan media film dokumenter dalam
pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3
Demak tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan penerapan media film dokumenter dalam pembelajaran menulis
teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Demak tahun pelajaran
2018/2019
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif metode
deskriptif. Subjek penelitian peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 3 Demak
yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
tes dan nontes berupa observasi dan wawancara.
Hasil penelitian yang sudah dilakukan pada peserta didik media film
dokumenter dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X
MIPA 2 SMA Negeri 3 Demak, peserta didik mampu menulis teks biografi
dengan baik. Pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan media
pembelajaran film dokumenter membuat pelajaran yang diajarkan oleh pendidik
menjadi inovatif. Perolehan nilai rata-rata kelas X MIPA 2 dalam pembelajaran
menulis teks biografi yaitu 86,32. Dengan demikian penerapan media
pembelajaran film dokumenter dalam pembelajaran menulis teks biografi pada
peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Demak tahun pelajaran 2018/2019 yang
melalui kegiatan pembuka yang berupa salam,presensi,dan apersepsi. Kegiatan
inti berupa proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik.
Proses pembelajaran yang dilakukan selanjutnya pendidik menayangkan film
dokumenter tentang Sapardi Djoko Darmono lalu peserta didik diminta
memperhatikan film tersebut dan mencatat hal yang dianggap penting. Setelah itu,
peserta didik diminta menulis teks biografi sesuai film dokumenter yang telah
disaksikan, teks biografi tersebut ditulis menggunakan bahasa peserta didik
sendiri dan ditulis sesuai struktur teks dan kaidah kebahasaan teks biografi.
Kemudian hasil tes dikumpulkan pada kegiatan penutup yang dilakukan dalam
pembelajaran evaluasi, umpan balik, dan refleksi dari pembelajaran yang telah
dilaksanakan kemudian salam. Saran pendidik perlu memerhatikan media
pembelajaran yang digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara
optimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:50 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7771 |