EKSPLORASI STRATEGI BERWIRAUSAHA DI KAWASAN WISATA SUNAN MURIA KUDUS

KHAQ, ARINAL (2019) EKSPLORASI STRATEGI BERWIRAUSAHA DI KAWASAN WISATA SUNAN MURIA KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ARINAL KHAQ.pdf] Text
ARINAL KHAQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Arinal Khaq, NPM 15220127 “Eksplorasi Strategi Berwirausaha Di kawasan
Wisata Sunan Muria Kudus”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2019
Penelitian ini dilatarbelakangi tentang bagaimana strategi berwirausaha yang
ada di Kawasan Wisata Sunan Muria. Suatu kawasan yang mampu membentuk
sebuah budaya berwirausaha yang menjadi kebiasaan masyarakat sebagai
pekerjaan untuk mata pencahariannya. Selanjutnya melihat lebih detail bagaimana
strategi para pedagang dalam menjajakan dagangannya, bagaimana mereka
menarik hati dan perhatian para pembeli sehingga tertarik dan pedagang mampu
melayani pelanggan dengan baik, sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi.
Kemudian bagaimana usaha para pedagang dalam mengembangkan serta
mempertahankan usaha tersebut.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif pendekatan induktif.
Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dengan menggunakan 2 sumber data yaitu data primer dan data sekunder.
Menggunakan teknik dan instrumen penelitian berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa 1). Masyarakat di
Kawasan Wisata Sunan Muria mampu membentuk, dan melestarikan lingkungan
budaya berwirausaha yang didukung oleh lingkungan yang mampu membentuk
pola pikir dan pola hidup untuk melakukan hal produktif bagi perekonomian
mereka. 2). Strategi yang dilakukan pedagang dengan cara memperhatikan tatanan
barang yang rapi, bersih, dan terbaru, menyediakan berbagai jenis barang yang
bagus, dan mengembangkannya melalui promosi baik di toko maupun online,
dengan pemberian diskon. 3). Strategi pedagang untuk memenuhi kepuasan
terhadap pelanggan dilakukan dengan cara memberikan pelayanan yang ramah,
sopan, dan nyaman, serta memberikan rasa puas atas barang yang mereka
inginkan.
Kata Kunci: kewirausahaan, budaya berwirausaha, strategi berwirausaha,
kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:52
Last Modified: 19 Nov 2024 02:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7770

Actions (login required)

View Item
View Item