PENERAPAN MODEL COOPERATIF SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ASFARIAWAN, HASAN (2020) PENERAPAN MODEL COOPERATIF SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HASAN ASFARIAWAN.pdf] Text
HASAN ASFARIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasan Asfariawan NPM 15410106. Penerapan Model cooperative script
dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot pada
peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Mlonggo Jepara tahun pelajaran
2019/2020. Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I. Dr. Harjito, M.Hum.dan pembimbing II. Zainal Arifin,
S.Pd., M.Hum.
Kata Kunci: Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot.
Penelitian ini di latar belakangi oleh keterampilan berbahasa yang masih
rendah atau di bawah rata-rata pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah
Mlonggo Jepara, khususnya pada keterampilan menulis yang dimana
keterampilan ini sangat membosankan untuk peserta didik. Keterampilan ini
nantinya akan menuju kedalam cara menganalisis struktur dan kebahasaan teks
anekdot dengan menggunakan model cooperative script pada peserta didik kelas
X SMK Muhammadiyah Mlonggo Jepara agar tidak merasa jenuh dengan
pembelajaran.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
cooperative script dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks
anekdot pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Mlonggo Jepara tahun
pelajaran 2019/2020? Adapun tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
cooperative script dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks
anekdot pada peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Mlonggo Jepara tahun
pelajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah penelitian dengan teknik
kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang di ambil dalam penelitian ini
yaitu kelas X Farmasi SMK Muhammadiyah Mlonggo Jepara.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non
tes. Teknik tes yang di gunakan dalam penelitian ini berupa memberikan teks
anekdot kemudian peserta didik menganalisis dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan teks anekdot dengan menggunakan model cooperative script.
Sedangkan teknik non tes di peroleh dengan cara observasi dan angket dengan
pengamatan langsung selama proses pembelajaran sesuai dengan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran yaitu adanya kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup. Berdasarkan teknik tes dan non tes penerapan model cooperative script
dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot pada
peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Mlonggo Jepara tahun pelajaran
2019/2020 membuat peserta didik tertarik dan antusias dalam pembelajaran. Hal
ini dapat dilihat dari hasil menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot
terbukti dengan nilai rata-rata peserta didik yang mencapai 84, dengan demikian
sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang di tentukan, di tambah
reaksi peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
Saran dalam penelitian ini adalah guru perlu memilih dan memberikan
media atau model pembelajaran yang bervariatif, serta dapat menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenengkan. Peserta didik harus lebih memperhatikan
pembelajaran, meningkatkan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:46
Last Modified: 19 Nov 2024 02:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7767

Actions (login required)

View Item
View Item