HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN BANJARSARI KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG

MAHMUDI, ARIFUDIN (2020) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN BANJARSARI KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ARIFUDIN MAHMUDI.pdf] Text
ARIFUDIN MAHMUDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ARIFUDIN MAHMUDI.NPM 15120091 “Analisis Perhatian Orangtua
Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SDN Banjarsari Kecamatan
Ngadirejo Kabupaten Temanggung”.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Joko Suliyanto, S.Pd.,M.,Pd. Dosen Pembimbing II Ikha Listyarini,
S.Pd.,M.Hum. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perbedaan perbedaan
pemberian perhatian orangtua terhadap siswa di SDN Banjarsari Kecamatan
Ngadirejo Kabupaten Temanggung.Hal ini diduga memiliki hubungan terhadap
hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa.Permasalahan dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah hubungan perhatian orangtua terhadap hasil belajar kognitif
siswa kelas IV SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung.
Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Lokasi penelitian
dilaksanakan
di
SDN
Banjarsari
Kecamatan
Ngadirejo
Kabupaten
Temanggung.Sasaran penelitian mengenai perhatian orangtua dan hasil belajar
kognitif siswa.Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara,
angket dan dokumentasi. Pengecekan data dengan cara meningkatkan ketekunan,
triangulasi, dan perpanjang pengamatan. Sedangkan teknik analisis data melalui
tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi pekerjaan orangtua siswa
kelas IV di SDN Banjarsari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung
beraneka ragam , sebagian besar pekerjaan orangtua siswa kelas IV adalah petani
dan wiraswasta, ada beberapa orangtua siswa yang bekerja menjadi buruh,
pegawai bank dan pegawai negri sipil (PNS). Hal tersebut mempengaruhi
orangtua dalam memberikan perhatian yang beragam pula kepada anak. Hasil
angket dengan siswa mengenai perhatian orangtua didapatkan data perhatian
orangtua dengan kategori sangat cukup diperoleh 9 siswa dengan presentase
24,3%, perhatian orangtua dengan kategori cukup diperoleh 12 siswa dengan
presentase 32,4%, perhatian orangtua dengan kategori kurang diperoleh 11 siswa
dengan presentase 29,7%, perhatian orangtua dengan kategori sangat kurang
diperoleh 5 siswa dengan presentase 13,6%. Rata rata hasil belajar kognitif siswa
dengan kategori sangat baik diperoleh 20 siswa dengan presentase 54,1%, rata
rata hasil belajar kogniti siswa dengan kategori baik diperoleh 11 siswa dengan
presentase 29,7%, rata rata hasil belajar kognitif siswa dengan kategori cukup
diperoleh 6 siswa dengan presentase 16,2%. Selanjutnya disimpulkan bahwa
perhatian orangtua memiliki korelasi dengan hasil belajar kognitif siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
orangtua diharapkan lebih memperhatikan pendidikan anak.Karena perhatian
orangtua merupakan pendorong anak untuk rajin belajar dan berprestasi.Siswa
diharapkan untuk lebih semangat belajar agar mencapai prestasi yang maksimal
meskipun perhatian orangtua kurang cukup.
Kata kunci: Perhatian Orangtua, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:47
Last Modified: 19 Nov 2024 02:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7765

Actions (login required)

View Item
View Item