ANALISIS NILAI KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI RUMAH

LEONITA, VENNA (2020) ANALISIS NILAI KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI RUMAH. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of VENNA LEONITA.pdf] Text
VENNA LEONITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Venna Leonita. NPM 16150004. “Analisis Nilai Karakter Anak Usia 5-6 Tahun
melalui Bermain Peran (Role Playing) di Rumah”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Latar belakang penelitian berasal dari permasalahan yaitu rendahnya nilai
karakter dalam penanaman dan pencapaian anak melalui bermain peran. Hal
tersebut kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan penanaman
dan pencapaian nilai karakter anak melalui bermain peran.
Penelitian ini terfokus pada bagaimana menganalisis penanaman nilai
karakter anak melalui bermain peran (role playing) di rumah dan pencapaian nilai
karakter anak melalui bermain peran (role playing) di rumah. Tujuan penelitian
untuk menjelaskan sejauh mana penanaman nilai karakter pada anak melalui
bermain peran sehingga akan terlihat pencapaian nilai karakter anak melalui
bermain peran.
Penelitian
menggunakan
deskriptif
kualitatif
dengan
pendekatan
pospositivisme. Subjek penelitian adalah 5 siswa kelompok B usia 5-6 tahun. Data
diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi data
penelitian menggunakan sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan nilai
karakter anak usia 5-6 tahun melalui bermain peran di rumah sudah baik dalam
perkembangan. Dalam perkembangan, guru dan orang tua sangat berperan aktif
dalam menanamkan nilai karakter sehingga akan tercapainya karakter yang baik
untuk anak. Hal ini didukung oleh pencapaian dalam melaksanakan tugas bermain
peran selama berada di rumah, bahwa anak memilii karakter untuk menghasilkan
banyak gagasan dalam perilaku, sikap, memecahkan masalah dan menunjukkan
karakter yang baik dan tidak baik dalam kehidupan sehari-hari.
Saran penelitian bagi guru diharapkan setiap proses pembelajaran, guru
dapat menambah inovasi baru pembelajaran selama berada di rumah. Orang tua
juga ikut serta dalam memberikan ide mengenai program kegiatan pembelajaran
dalam proses penanaman nilai karakter sehingga anak akan lebih terarah.
Kata Kunci: Nilai Karakter, Bermain Peran, Anak Usia 5-6 Tahun

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:33
Last Modified: 19 Nov 2024 02:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7757

Actions (login required)

View Item
View Item