FAUZI, ARIF (2020) ANALISIS MINAT BACA PESERTA DIDIK SDN KENCONOREJO 02 KABUPATEN BATANG MELALUI PROGRAM LITERASI SEKOLAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ARIF FAUZI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ARIF FAUZI. NPM 15120058. “Analisis Minat Baca Peserta Didik SDN
Kenconorejo 02 Kabupaten Batang Melalui Program Literasi Sekolah”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2019. Dosen Pembimbing I Sunan Baedowi, S.Pd.,
M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Anggun Dwi Setya Putri, S.Pd., M.Pd. 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya minta baca peserta didik
terhadapa bahan bacaan, baik buku pelajaran maupun buku bacaan lainnya.
Disamping itu pihak sekolah baru menerapkan program literasi sekolah pada awal
tahun ajaran 2017/2018 dan awal menerapkan krikulum 2013 di SDN
Kenconorejo 2 Kabupaten Batang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah analisis minat
baca peserta didik SDN Kenconorejo 02 Kabupaten Batang melalui program
literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat baca peserta
didik SDN Kenconorejo 02 Kabupaten Batang melalui program literasi sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, guru
kelas V dan peserta didik SDN Kenconorejo 02 Kabupaten Batang. Teknik
pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu, wawancara, angket,
observasi dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini
menggunakan uji validitas. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari
kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka
dapat di tarik kesimpulan bahwa peserta didik SDN Kenconorejo 02 Kabupaten
Batang dalam kegiatan program literasi sekolah secara umum kegiatan membaca
selama 15 menit sebelum pemebelajaran di mulai sudah sesuai dengan program
iterasi sekolah yang telah di adakan oleh sekolah. Dan peserta didik sangat
antusias dalam membaca buku melalui program literasi sekolah. Selain itu, guru
kelas dan seluruh warga sekolah sangat mendukung program literasi sekolah.
Saran yang dapat peneliti sampaikan agar sekolah selalu melakukan
evaluasi terhadap guru dan sarana prasarana sekolah. Agar sekolah dapat
membangunkan ruang perpustakaan sekolah sehingga peserta didik lebih
semangat dalam meminjam buku dan membaca di perpustakaan sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:34 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7756 |