ASTUTIK, HARFIANI JULIA (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI BUGANGAN 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Harfiani Julia.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
HARFIANI JULIA ASTUTIK. NPM 16120357. “Analisis Implementasi Penguatan
Pendidikan Karakter di SD Negeri Bugangan 02 Semarang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Eka Sari Setianingsih, S.Pd, M.Pd. dan Dosen
Pembimbing II Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I. Agustus 2020.
Latar belakang lahirnya pedidikan karakter
didasari dengan adanya
permasalahan–permasalahan terkait dengan karakter anak bangsa. Dikarenakan anak
sekolah dasar terutama merupakan aset yang berharga untuk kehidupan bangsa dan
negara Indonesia ke depan. Untuk mewujudkan cita–cita bangsa dan tujuan negara.
Pembangunan karakter dan pendidikan karakter merupakan hal yang harus ada karena
suatu pendidikan tidak hanya menuntut untuk cerdas saja tetapi memiliki budi pengerti
dan sopan santun yang sesuai dengan nilai norma dalam masyarakat Indonesia.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi progam
penguatan pendidikan karkater di SD Bugangan 02 Semarang?, (2) Bagaimana dampak
dari implementasi program penguatan pendidikan karakter di SD Bugangan 02
Semarang?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi progam penguatan pendidikan karkater di SD Bugangan 02 Semarang dan
mengetahui dampak dari program penguatan pendidikan karakter di SD Bugangan 02
Semarang.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di
SD Negeri Bugangan 02 Semarang. Teknik pengambilan data menggunakan triangulasi
data dengan menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi, angket dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat implementasi penguatan pendidikan
karakter yang dijalankan sudah baik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan
dengan kepala sekolah, guru dan siswa, diperkuat dengan hasil angket yang menunjukan
empat nilai utama karakter dikriteriakan membudaya menunjukkan pelaksanaan
penanaman nilai karakter sudah berjalan dengan baik. Serta hasil observasi oleh peneliti
yang mendukung dua metode lainnya. Dampak adanya program tersebut membuat
peserta didik menjadi lebih baik secara karakter.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang didapatkan adalah supaya
meningkatkan program penguatan pendidikan karakter. Dukungan dari warga sekolah
baik itu kepala sekolah, guru maupun karyawan. Serta dukungan dari orangtua peserta
didik untuk melakukan pembiasaan di rumah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:33 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7755 |