Ridwan, Muhammad (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROKAL TEACHING DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAYUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Muhammad Ridwan2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Muhammad Ridwan. “Keefektifan Model Pembelajaran Reciprokal Teaching dan
Teams Games Tournament Terhadap Hasil Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 3 Sayung Kabupaten Demak Tahun 2020”. Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini di latar belakangi oleh keresahan mahasiswa tentang masalah
rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa
penjasorkes materi bola voli yang kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimum
(KKM). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil analisis tentang
penggunaan model reciprokal teaching dan tgt apakah efektif terhadap
peningkatan hasil passing bawah bola voli siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif
menggunakan model Quasi Eksperimental Design tipe Two Group Pretest-
Posttest dengan pemilihan sampel yaitu menggunakan teknik total sampling
kemudian diberi Pretest untuk mengetahui keadaan awal setelah itu kelompok
kontrol mendapatkan perlakuan, dan kelompok eksperimen juga mendapat
perlakuan. Kemudian keduanya mendapatkan Posttest.
Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji t dua pihak diperoleh thitung =
6,59499. Dari daftar distribusi t dengan dk = 30 + 30 – 2 = 58 dan taraf nyata 5%
diperoleh ttabel = 2,001717. Karena thitung > ttabel (6,59499 > 2,001717) maka H0
ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa hasil passing bawah bola voli
siswa yang menggunakan model Teams Games Tournament lebih baik dibanding
siswa yang menggunakan model Reciprokal Teaching, akan tetapi kedua model
tersebut efektif terhadap peningkatan hasil passing bawah permainan bola voli.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah agar model pembelajaran
Reciprokal Teaching (Pembelajaran terbalik) dan Teams Games Tournament
(TGT) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar agar
lebih variatif saat melakukan proses pembelajaran nantinya.
Kata kunci : Model
Pembelajaran
Reciprokal
Teaching,
Teams
Games
Tournament, dan Hasil Passing Bawah Bola Voli.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:34 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7751 |