KUSUMANINGRUM, ARIESTA ZHAIDA (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MONTASE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS II SDN JOMBLANG 03 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ARIESTA ZHAIDA KUSUMANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
ARIESTA
ZHAIDA
KUSUMANINGRUM.
NPM
16120426.
“Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Media Montase Terhadap
Hasil Belajar Tematik Kelas II SDN Jomblang 03 Semarang”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang 2020. Dosen Pembimbing I : Rofian, S.Pd., M.Pd. Dosen
Pembimbing II : Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang penelitian ini adalah model pembelajaran yang
kurang menarik dan bervariasi bagi peserta didik, tidak adanya penggunaan media
yang menarik pada saat proses pembelajaran dikelas sehingga timbulnya rasa
jenuh, rendahnya hasil belajar peserta didik dibawah KKM (65).
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran
Project Based Learning efektif terhadap hasil belajar tematik peserta didik?, 2)
Apakah peserta didik dapat mencapai ketuntasan belajar dengan menerapkan
model pembelajaran Project Based Learning? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keefektifan Model Pembelajaran
Project Based Learning berbantu Media Montase Terhadap Hasil Belajar Tematik
Kelas II SDN Jomblang 03 Semarang. 2) Untuk mengetahui apakah peserta didik
SDN Jomblang 03 Semarang dapat mencapai ketuntasan belajar dengan
menerapkan model pembelajaran Project Based Learning.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
desain penelitian One-Group-Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah kelas II
SDN Jomblang 03 Semarang. Sampel yang diambil adalah 24 peserta didik kelas
II SDN Jomblang 03 Semarang. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung sebesar
5,905646074 dan ttabel sebesar 1,807581272 dengan taraf 5% (thitung > ttabel).
Peningkatan rata-rata hasil posttest sebesar 92,1. Hal ini dibuktikan dengan nilai
peserta didik yang mencapai KKM 65 sebanyak 23 peserta didik tuntas dengan
nilai tertinggi 100 sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak
1 peserta didik dengan nilai 60.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
model pembelajaran Project Based Learning berbantu media montase dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:30 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7750 |