KHASANAH, USWATUN (2019) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MARDISISWA 2 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
USWATUN KHASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Uswatun Khasanah. 12110075. “Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal
dengan Teknik Learning Cell untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Kelas VIII di SMP Mardisiswa 2 Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan
Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Prof. Drs.
Supardi, MM, Agus Setiawan, S.Pd., M.Pd. Juni. 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya informasi siswa tentang cara
belajar efektif dan efisien, cara mempersiapkan diri dalam menghadapi tes atau
ujian, dan tentang kesulitan dalam menumbuhkan semangat belajar yang
menurun. Penanganan permasalahan tersebut juga belum optimal oleh guru BK,
dalam menangani kasus masalah meningkatkan motivasi belajar guru BK hanya
menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan memberikan informasi bagi
siswa yang datang ke BK saja atau hanya memberikan informasi kepada siswa
yang meminta terkait motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Mardisiswa 2
Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII pada semester 1 di SMP Mardisiswa 2 Semarang, yang terdiri dari 5
kelas dengan jumlah 153 siswa, satu kelas digunakan untuk try-out, sedangkan
sampelnya terdiri dari satu kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian.
Jumlah keseluruhan sampel adalah 123 siswa. Teknik sampling yang digunakan
adalah teknik cluster random sampling. Nilai motivasi belajar diperoleh dari nilai
pre-test dan post-test. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah
korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha.
Hasil analisis uji t bahwa posttest diantara kelompok eksperimen dengan
kelompok kontrol didapatkan hasil thitung = 7,5. Untuk memastikan apakan
perbedaan tersebut signifikan maka hasil tersebut dikonsultasikan dengan
ttabel..Dengan db = (n1+n2)-2 = (30+30)-2=58 dan taraf signifikan 5% maka
diperoleh ttabel= 2,021. Karena thitung = 7,5 ˃ ttabel= 2,021 maka thitung lebih
besar dari ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan
bahwa “Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Learning Cell Efektif untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Mardisiswa 2
Semarang.” Maka dapat disimpulkan penerapan layanan bimbingan klasikal
dengan teknik learning cell efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas VIII di SMP Mardisiswa 2 Semarang.. Saran yang dapat peneliti sampaikan
hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan
dengan motivasi dalam belajar.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Learning Cell, Motivasi
Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:27 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7748 |