CHASANAH, USWATUN (2020) PERANAN MEDIA CD INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
USWATUN CHASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (984kB)
Abstract
USWATUN CHASANAH. NPM 18156001. “ Peranan Media CD Interaktif
Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak” Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Kurangnya motivasi
anak dalam belajar terlihat dari masih ditemukan peserta didik yang kurang
tertarik atau merasa jenuh pada saat pembelajaran berlangsung, rendahnya daya
konsentrasi anak yang ditandai dengan mudahnya teralihkan konsentrasi anak,
akibatnya anak lebih senang mengobrol saat kegiatan pembelajaran. selain itu
anak terlihat kurang sungguh – sungguh menyelesaikan tugas yang diberikan,
anak tidak ada motivasi untuk menyelesaikan tugasnya. Hal tersebut disebabkan
kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan
motivasi belajar anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peranan media
CD Interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar anak.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif dengan Pendekatan
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kepustakaan (library reseach), dengan menggambil sumber data dari
beberapa penelitian skripsi yang ada kaitannya dengan penggunaan media CD
Interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar anak.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa media CD Interaktif
mempunyai peranan yang signifikan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar
anak usia dini (PAUD). Dengan meningkatnya motivasi belajar anak, prestasi
belajar anak juga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dari beberapa penelitian
yang dianalisa menunjukan bahwa dengan penggunaan media CD interaktif anak
mampu bertahan lama dan tekun dalam mengerjakan tugas, mampu bertanya dan
menjawab pertanyaan terbuka dari tayangan CD Interaktif. anak mampu
menjelaskan pesan yang dapat diambil dan sikap-sikap yang dapat diteladani
dalam tayangan tersebut. Selain itu, anak menjadi bersemangat, menunjukkan
sikap ekspresif, antusias, dan berpartisipasi selama proses pembelajaran
berlangsung. Anak juga mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan
mampu mengkomunikasikan atau menyampaikan pendapat secara sederhana
tentang tayangan CD Interaktif. Hasil belajar anak juga menunjukan peningkatan
selain itu juga bisa mengembangkan nilai – nilai karakter anak.
Dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan Pembelajaran
dengan menggunakan media CD Interaktif dapat dilaksanakan sebagai variasi
dalam proses belajar mengajar khususnya untuk peningkatan motivasi belajar
anak karena dengan menggunakan media CD Interaktif ini dapat meningkatkan
motivasi belajar anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7747 |