PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI KEOLAHRAGAAN KELAS VII PUTRA DAN KELAS VII PUTRI DI SMP IT BINA AMAL KOTA SEMARANG

Irawan, Arfian (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI KEOLAHRAGAAN KELAS VII PUTRA DAN KELAS VII PUTRI DI SMP IT BINA AMAL KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Arfian Irawan.pdf] Text
Arfian Irawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Arfian irawan, “Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding
Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PJOK Kelas VII Putra dan
Kelas VII Putri Di SMP IT Bina Amal Kota Semarang”, Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, Tahun
2020. Bertika Kusuma. P, S.Pd., M.Or, Buyung Kusumawardhana, S.Pd., M.Kes
Latar belakang untuk melakukan penelitian ini adalah kemampuan hasil
belajar pada siswa dan siswi baik dari kelas laki-laki dan perempuan masih
banyak yang dibawah KKM, dibuktikan dengan hasil nilai belajar rata rata
dibawah KKM pada kelas Amru sebesar 5%, Thariq 7%, Asma 5%, dan aisyah
8% pada materi bola basket. Pada penelitian ini, peneliti akan mengurai
permasalahan dengan melakukan penelitian dengan menggunakan metode
pembelajaran yang memisahkan antara siswa laki laki dan perempuan serta
membandingkan metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada kelas
laki-laki dan kelas perempuan.
Metode penelitian eksperimen desain faktorial 2 X 2. Jenis penlitian
quantitatif dengan metode eksperimen semu, serta dalam teknik pengambilan
sampel dengan metode total sampling. Dengan jumlah sample 120 orang siswa.
Teknik analisis data uji anava dua jalur dengan program SPSS 16.0 dan taraf
signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran
terhadap hasil belajar pada kelas Kelas VII Thariq (TGfU) dan Kelas VII Asma (
TGfU ) dengan nilai signifikasni Sig. (2-tailed) 0,039 > 0,05. (2) terdapat
pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar pada kelas Kelas VII Amru
(PBL) dan Kelas VII Aisyah ( PBL ) dengan nilai signifikasni Sig. (2-tailed) 0,49
> 0,05
Kesimpulan, pada penelitian yang dilakukan pada kelas TGfU pada kelas
VII Thariq (laki-laki) dan kelas VII Asma (perempuan) serta PBL pada kelas VII
Amru (laki-laki) dan kelas VII Aisyah (perempuan), terdapat pengaruh signifikan
pada model pembelajaran TGfU yang di terapkan pada kelas laki laki (Thariq)
dengan presentase 14% dan model pemalajaran PBL yang di terapkan pada kelas
perempuan (Aisyah) dengan presentase 12%.
Kata kunci : Teaching Games for Understanding, Problem Based Learning,siswa
laki- laki ,siswa perempuan, bola basket

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:26
Last Modified: 19 Nov 2024 02:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7746

Actions (login required)

View Item
View Item