PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BUGANGAN 03 SEMARANG

NOURMANINGTYAS, HAPPY PRAWITASARI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI BUGANGAN 03 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HAPPY PRAWITASARI NOURMANINGTYAS.pdf] Text
HAPPY PRAWITASARI NOURMANINGTYAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

HAPPY
PRAWITASARI
NOURMANINGTYAS
NPM
16120351
“Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Open Ended Pada Materi
Pengukuran Panjang Dan Berat Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran
Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Bugangan 03 Semarang”. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Aries Tika Damayani,
S.Pd, M. Pd. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru dan siswa
hanya menggunakan buku pegangan utama (buku paket) sebagai bahan ajar satu-
satunya. Penunjang bahan ajar untuk siswa sendiri belum ada. Selain itu buku
paket atau buku pelajaran yang digunakan belum mencakup keseluruhan materi
dan belum dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Hal ini
mengakibatkan banyak siswa yang nilainya dibawah KKM yang telah ditentukan
oleh sekolah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kelayakan bahan ajar
berbasis pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan penalaran
siswa di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
kelayakan bahan ajar matematika yang dapat digunakan untuk meningkatkan
kemampuan penalaran siswa di Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Subjek penelitian ini adalah 3 guru di SD Negeri Bugangan 03
Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data
deskriptif kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa produk bahan ajar berbasis
pendekatan open ended yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan
sebagai penunjang bahan ajar pada pembelajaran matematika materi pengukuran
panjang dan berat kelas IV di SD Negeri Bugangan 03 Semarang. Hal tersebut
berdasarkan hasil kelayakan berdasarkan analisis data oleh pakar ahli materi serta
ahli media, dan penilaian hasil uji coba lapangan. Hasil validasi ahli materi
93,3%, validasi ahli media sebesar 90,6%, dan penilaian hasil uji coba oleh
beberapa guru untuk materi 88% dan media 88,4%
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru
tidak hanya menggunakan satu bahan ajar saja. Setidaknya, guru menggunakan
penunjang bahan ajar lainnya untuk menunjang bahan ajar utama.Selain itu guru
hendaknya memperhatikan tingkat kemampuan penalaran siswa guna menunjang
keterampilan matematika siswa ehingga tidak hanya pembelajaran saja yang baik
akan tetapi menghasilkan output yang baik pula.
Kata kunci: bahan ajar, kemampuan penalaran, pendekatan open ended.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:26
Last Modified: 19 Nov 2024 02:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7745

Actions (login required)

View Item
View Item