MENGKAJI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL ANIMASI ADIT SOPO JARWO

HANIFAH, - (2020) MENGKAJI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL ANIMASI ADIT SOPO JARWO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HANIFAH.pdf] Text
HANIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

HANIFAH. NPM 16120131. “Mengkaji Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam
Serial Animasi Adit Sopo Jarwo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I: Drs. Kiswoyo, MM., Dosen Pembimbing II: Eka Sari Setianingsih,
S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini
adalah untuk persiapan menghadapi abad 21 untuk mewujudkan penerus bangsa
yang kuat dan unggul sehingga dapat meningkatkan daya saing Indonesia lebih
maju dan bermartabat di masa mendatang dengan mengkaji nilai-nilai pendidikan
karakter dalam serial animasi Adit Sopo Jarwo.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah mengkaji nilai-nilai
pendidikan karakter dalam serial animasi Adit Sopo Jarwo. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengatahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam serial animasi Adit
Sopo Jarwo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kulitatif karena data-data
yang diperoleh dari subyek penelitian ini menggunakan gambar, kata dan kalimat.
Obyek dalam penelitian ini adalah film serial animasi Adit Sopo Jarwo. Sumber
data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer berupa film serial animasi
Adit Sopo Jarwo dan data sekunder berupa jurnal, artikel, dan buku.
Hasil dari mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam serial animasi
Adit Sopo Jarwo menunjukan bahwa kemunculan nilai-nilai pendidikan karakter
dalam serial animasi Adit Sopo Jarwo episode 04, 09, 12, 12, dan 35 terdapat 18
nilai pendidikan karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai hasil prestasi, bersahbat atau komunikatif, cinta damai, gemar
membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Dari 18 nilai
pendidikan karakter yang muncul tersebar dalam masing-masing episode.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
guru diharapkan mampu memberikan pengetahuan nilai-nilai pendidikan karakter
sehingga peserta didik dapat menanamkan sejak dini, serta diharapkan orang tua
dapat mempertimbangkan tontonan yang anak dilihat oleh anak.
Kata Kunci
: Pendidikan, Karakter, Animasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:21
Last Modified: 19 Nov 2024 02:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7738

Actions (login required)

View Item
View Item