PENGGUNAAN METAFORA KONSEPTUAL DALAM BUKU TEKS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X

SAMBODO, UNGGUL PUTRO (2020) PENGGUNAAN METAFORA KONSEPTUAL DALAM BUKU TEKS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Unggul Putro Sambodo-15410214 (Skripsi).pdf] Text
Unggul Putro Sambodo-15410214 (Skripsi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Unggul Putro Sambodo. 15410214. Penggunaan Metafora Konseptual
dalam Buku Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X. Skripsi Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Nanik
Setyawati, S.S., M.Hum. dan Pembimbing II R. Yusuf Sidiq Budiawan, S.Pd., M.A.
Agustus 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa metafora hanya berada
pada karya sastra. Penelitian terkait metafora sudah pernah dilakukan, tetapi masih
dalam satu jenis teks atau dalam fokus ranah sasaran tertentu. Oleh karena itu,
peneliti mengambil buku teks sebagai sumber data karena buku teks mengandung
banyak jenis teks dan sangat jarang ditemukan penelitian terkait buku teks. Buku
teks yang dipilih peneliti adalah buku teks pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X
terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2017.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan
metafora konseptual dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X? Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metafora konseptual
dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X.
Metode penyediaan data yang digunakan dalam analisis ini adalah metode
simak dengan teknik catat. Pengumpulan data dimulai dengan menyimak teks
bacaan dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas X, kemudian melakukan
pencatatan dengan menandai data-data yang akan dianalisis. Selain metode
penyediaan data, terdapat juga metode analisis data yang menggunakan teknik
kombinasi analisis antara metode padan dan metode agih. Pada metode padan,
teknik dasar yang digunakan adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik
lanjutan berupa teknik Hubung Banding Menyamakan (HBS). Adapun teknik dasar
pada metode agih adalah teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) dan teknik lanjutan
berupa teknik perluas, teknik sisip, dan teknik ubah wujud. Adapun metode
penyajian hasil analisis data berupa metode informal.
Hasil dari penelitian ini terdapat penggunaan metafora konseptual sebanyak
440 dari 50 teks yang terdapat dalam buku teks. Jenis metafora konseptual yang
ditemukan terdiri dari 40 data metafora struktural, 64 data metafora orientasional,
dan 336 metafora ontologis. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa
intensitas penggunaan metafora ontologis merupakan yang paling tinggi dan
penggunaan metafora adalah yang paling rendah. Dari hasil analisis juga ditemukan
adanya keterkaitan antara relativitas panjang tulisan dengan intensitas penggunaan
metafora. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya temuan data pada teks yang
cenderung panjang dibandingkan pada teks-teks yang lebih pendek.
Kata Kunci: metafora, metafora konseptual, buku teks

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:21
Last Modified: 19 Nov 2024 02:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7737

Actions (login required)

View Item
View Item