PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM SDN 03 PEGUNDAN PEMALANG

HASNA, HANIFAH RIZKI (2020) PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM SDN 03 PEGUNDAN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HANIFAH RIZKI HASNA.pdf] Text
HANIFAH RIZKI HASNA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

HANIFAH RIZKI HASNA.NPM 16120088.” Pengaruh Blended
Learning Berbasis Model Problem Based Learning Berbantu Media puzzle Terhadap
Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas v Tema Ekosistem SDN 03 Pegundan
Pemalang.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Khusnul
Fajriyah,S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing II Henry Januar Saputra,S.Pd.,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya nilai
ulangan harian, dari hasil ulangan harian mata pelajaran matematika siswa yang
tuntas hanya 36.73% dan yang tidak tuntas sebesar 63.27%, siswa masih kesulitan
dalam Berfikir Kritis dalam mata pelajaran IPA Tema Ekosistem , selain itu pada
saat proses pembelajaran belum menggunakan media secara maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Blended Learning
Berbasis Model Problem Based Learning Berbantu Media puzzle Terhadap Kemampuan
Berfikir Kritis Siswa Kelas v Tema Ekosistem SDN 03 Pegundan Pemalang? Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar
Pengaruh Blended Learning Berbasis Model Problem Based Learning Berbantu Media
puzzle Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas v Tema Ekosistem SDN 03
Pegundan Pemalang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
model Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Pegundan Pemalang tahun
pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah 26 siswa kelas V yang
menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
wawancara, tes, dan dokumentasi.
Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh t hitung > ttabel yaitu 8,829 > 1,706
maka H0 ditolak menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar pretest dan
posttest. Dari hasil uji hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh motivasi
belajar yaitu uji regresi diperoleh hasil sebesar 62,1%. Berdasarkan hasil
analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh blended learning
berbasis model problem based learning berbantu media puzzle terhadap kemampuan
berfikir kritis siswa kelas V tema ekosistem SDN 03 Pegundan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
Blended Learning Berbasis Model Problem Based Learning Berbantu Media puzzle dapat
digunakan sebagai alternatif guru dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran
dapat tercapai.
Kata Kunci: Problem based learning, kemampuan berfikir kritis, puzzle

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:18
Last Modified: 19 Nov 2024 02:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7735

Actions (login required)

View Item
View Item