PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN BESAR DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN KECIL MELALUI MODEL NHT BERBANTU MEDIA PAPAN PUZZLE BERBINTANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BINTORO 7 DEMAK

Asshofi, Muhammad Prakas Dara (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN BESAR DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN KECIL MELALUI MODEL NHT BERBANTU MEDIA PAPAN PUZZLE BERBINTANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BINTORO 7 DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Muhammad Prakas Dara Asshofi.pdf] Text
Muhammad Prakas Dara Asshofi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Prakas Dara Asshofi. NPM. 15120370 “Peningkatan Hasil
Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar Dan Kelipatan Persekutuan
Kecil Melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang Pada Siswa
Kelas IV SD Negeri Bintoro 7 Demak”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Aries Tika Damayani, M.Pd. Pembimbing II Rofian, S.Pd,M.Pd. November 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap
materi FPB dan KPK, sehingga kesulitan untuk memahami materi dan
memecahkan masalah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah
bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika FPB dan KPK yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dan dengan model
Number Head Together (NHT) berbantu media, serta apakah peningkatan hasil
belajar matematika materi FPB dan KPK melalui model NHT berbantu media
papan petak berbintang pada siswa kelas IV SD memenuhi kriteria valid sebagai
model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD?. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa SD pada pembelajaran
matematika FPB dan KPK yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
Konvensional dan dengan dengan model Number Head Together (NHT) berbantu
media, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi FPB
dan KPK melalui model NHT berbantu media papan petak berbintang memenuhi
kriteria valid sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa
SD pada materi pokok FPB dan KPK .
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian Pre-
experimental designs dengan bentuk One-Group Pretest- Posttest designs. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bintoro 7 Demak sebanyak 24
siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, test, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, hasil belajar siswa pada
pembelajaran matematika FPB dan KPK yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran Konvensional diperoleh dari hasil pretest menunjukkan nilairata-
rata pretest sebesar 44,17 dengan nilai tertinggi 68 dan nilai terendah 28. Hasil
belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Number Head Together (NHT)
berbantu mediadiperoleh dari hasil posttest yang menunjukkan rata-rata nilai
posttest sebesar 78,83 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 68. Terjadi
peningkatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK melalui model NHT
berbantu media papan petak berbintang pada siswa kelas IV SD.
Saran yang diberikan adalah sebaiknya model Number Head Together
berbantu media papan petak berbintang dapat digunakan oleh guru kelas IV
sebagai variasi pembelajaran yang dapat membuat siswa tidak jenuh dalam
mengikuti pembelajaran Matematika.
KATA KUNCI: Hasil Belajar Matematika, Faktor Persekutuan Besar,
Kelipatan Persekutuan Kecil, Model NHT, Media Papan Puzzle Berbintang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:19
Last Modified: 19 Nov 2024 02:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7732

Actions (login required)

View Item
View Item