Pamungkas, Hanif Putra (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GO-PONG UNTUK MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN TENIS MEJA SMP N 1 JUWANA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Hanif Putra Pamungkas.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Hanif Putra Pamungkas, “Pengaruh media pembelajaran go-pong untuk
meningkatkan psikomotorik siswa pada pembelajaran tenis meja SMP N 1
Juwana”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang, 2019.
Pembelajaran tenis meja dalam ranah psikomotorik siswa di SMP N 1 Juwana
belum maksimal. Hasil observasi dari kelas VIII A dan VIII C SMP N 1 Juwana
rata-rata 77 dalam kategori dibawah KKM, jumlah KKM 80. Sehingga peneliti
ingin menggunakan aplikasi Go-Pong untuk meningkatkan nilai psikomotor
siswa. Rumusan masalah apakah ada pengaruh media pembelajaran Go-Pong
untuk meningkatkan psikomotorik siswa pada pembelajaran tenis meja di SMP
Negeri 1 Juwana?, tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh tingkat
psikomotorik siswa melalui media aplikasi Go-Pong dalam pembelajaran tenis
meja di SMP Negeri 1 Juwana.
Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen, desain penelitiannya quasi-experimental design. Populasi siswa-siswi
kelas VIII SMP N 1 Juwana berjumlah 296 siswa, dan dilakukan sampling
purposive untuk mencari sampel. Kelas VIII A dan VIII C berjumlah 59
digunakan dalam penelitian dengan pertimbangan tertentu, penelitian ini tentang
tingkat psikomotorik siswa terhadap pembelajaran tenis meja. Sumber data siswa-
siswi yang memiliki tingkat psikomotorik dalam pembelajaran tenis meja rendah.
Hasil dari uji normalitas backhan dari kelas kontrol dan eksperimen terbukti
berdistri normal, sedang untuk hasil uji normalitas forhand dari kelas kontrol serta
kelas eksperimen terbukti berdistri normal. Selain uji normalitas ada juga uji
homogenitas dari kelas kontrol dan kelas eksperimen mempunyai varian yang
sama (homogen). Uji homogenitas forhand dari kedua kelas tersebut mempunyai
varian yang sama(homogen).
Ada pengaruh penggunaan media Go-Pong dalam penelitian untuk meningkat
psikomotorik siswa dalam pembelajaran tenis meja sebesar 88% untuk backhand
dan 74% untuk forehand. Saran untuk siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran
disekolah dan dianjurkan belajar lebih dalam lagi mengenai tenis meja. Saran
untuk sekolahan menyediakan sarana dan prasarana olahraga, sehingga dapat
meningkatkan psikomotorik siswa dengan kemajuan teknologi.
Kata Kunci: Media, Psikomotorik, Go-Pong, Tenis Meja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:14 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7731 |